TAK ADA LEMAK YANG LEBIH BURUK DARIPADA MARGARIN

(Disadur dan diedit dari tulisan FCI # Dea Edensor dan kultwit Erikar Lebang)

🔻Menurut Dr. Shinya, jenis makanan yang paling mudah teroksidasi adalah minyak. Dan makanan yang mengandung paling banyak asam lemak trans adalah Margarin.

🔻Asam lemak trans ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung...

🔻Minyak zaitun jika dikonsumsi rutin tiap hari berpotensi menyebabkan kanker indung telur.

Bijaksanalah dalam pemakaian "perminyakan"

🔻Minyak dan Lemak dalam bentuk alami yang baik bagi tubuh seperti biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, serta biji tanaman.

🔻Simak kultwit dari pakar Food Combining Erikar Lebang  terkait.
hal tsb.
⬇⬇

🔹Temen saya mbak @bundapoetri sudah kasih penjelasan yang lebih komprehensif: "Awalnya minyak nabati struktur molekulnya adalah cis.."

🔹"..Kmdian diubah menjadi bentuk trans sehingga bisa beku dan padat walau suhu alam berubah.."

🔹".. Bahayanya adalah, tubuh kita hanya menerima bentuk molekul cis, bentuk molekul trans itu besar sehingga gak bisa masuk ke tubuh.."

🔹".. inilah yang sering menyebabkan terjadinya flog alias pembekuan di pembuluh darah"

Hehe, sederhana loh penjelasan ini. Masih ribet? Okay

🔹Gini aja. Di suhu ruang, which is hari ini berapa di Jakarta? Sekitar 30 derajad celcius. Si margarine tea', bisa berbentuk beku dan padat

🔹Lalu untuk dipake menumis dan menggoreng harus cair kan? Gimana caranya ya butuh suhu tinggi. Masuklah di kompor atau alat pemanas lainnya.

🔹Dengan suhu yang jauh lebih tinggi dari sekitar kita, baru margarine cair, dipake lah menumis, menggoreng dll untuk memasak. Sehat? Nah ini..

🔹Suhu tubuh manusia berapa? Sekitar 36-37 derajad celcius. Mirip suhu ruang kan? Gimana dengan margarine tadi? Apa tetap cair apa membeku?

🔹Otomatis ia akan kembali membeku dan memadat. Tubuh setengah mati berusaha mengatasi ini. Setelah bertahun-tahun? Ya meledaklah masalahnya.

🔹Pengentalan darah, pembekuan yang menyumbat disana-sini.

🔹Nah ini saya copas kan jawaban mba Poetri tentang hal terkait:

Margarine itu asalnya dari permintaan pihak tentara saat perang dunia pertama dimana kondisi perang tidak memungkinkan membawa minyak cair dalam perbekalan mereka, maka dibuatlah minyak nabati yg dibekukan,istilah gampangnya begitu, agar mudah dibawanya.

🔹Perubahan bentuk minyak dari cair ke beku ini tidak dengan cara pembekuan melalui perubahan suhu biasa krn klo perubahan suhu sifatnya sementara,saat suhu tinggi nanti akan mencair lagi. Perubahannya harus melalui perubahan struktur kimia dari minyak nabati, awalnya minyak nabati struktur molekulnya adalah cis,kmdian diubah menjadi bentuk trans sehingga bs beku dan padat walau suhu alam berubah juga.

🔸Bahayanya adalah, tubuh kita hanya menerima bentuk molekul cis, bentuk molekul trans itu besar shg ga bs masuk ke tubuh, inilah yang sering menyebabkan terjadinya flog alias pembekuan di pembuluh darah...

🔹Jd lebih baik menggunakan minyak biasa saja, sedikit saja dlm bentuk tumisan bukan perendaman. Ilmu menggoreng itu ada beberapa diantara tumis dimana minyak sedikit saja hanya membasahi makanan, goreng biasa dimana minyaknya ga merendam banyak hanya separoh dari makanan dan yang terakhir adl deep fat frying yaitu menggoreng sampai makanan tenggelam...

🔹Nah nyambung ttg setiap minyak memiliki titik didihnya masing masing, yg rendah titik didihnya umumnya ada pada minyak yg sering digunakan untuk salad, semisal minyak EVOO, minyak canola, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari...jenis minyak ini ngga cocok untuk goreng goreng, cocoknya untuk salad sbg dressingnya.

🔹Yang lumayan stabil titik didihnya adalah minyak kelapa dan minyak sawit, jadi kalau saran saya utk mengurangi efek oksidasi ya tumislah dgn minyak sayur biasa itu ga usah pke minyak mehong untuk gegayaan dgn embel embel lebih sehat. Klo penggunaannya bener sbg salad dressing ya bagus tp klo buat ngegoreng ya malah bikin oksidasi cepet tjd...udah mehong, bikin Kanker lagi alias kantong kering.

🔹Lebih bagus lagi ya hindari gorengan, hanya saja mmg lemak itu makanan yg bikin enak hehehee..jd kalau saya lebih memilih tumis dgn minyak sawit atau kelapa drpada merendam gorengan.

❄❄❄❄❄❄❄❄❄❄❄❄❄

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF