Racun Yang Paling Berbahaya Untuk Hati

4 racun yg paling berbahaya untuk hati :

1. Berlebihan dalam berbicara

Banyak berbicara adalah salah satu faktor yang menyebabkan hati menjadi keras, sebagaimana sabda RasuluLlah ﷺ,

”Janganlah memperbanyak kata (bicara) selain dzikruLlah, karena banyak bicara selain dzikruLlah menjadikan hati keras. Dan orang yang terjauh dari Allah adalah yang berhati keras.” [HR. Tirmidzi dari Ibnu Umar].

2. Berlebihan dalam memandang sesuatu (terutama yang haram)

Allah ﷻ telah memerintahkan kepada setiap mukmin dan mukminah untuk menundukkan pandangannya, karena yang demikian itu lebih suci bagi hati mereka, dan juga mereka akan merasakan manisnya iman, sebagaimana sabda RasuluLlah ﷺ,

“Barangsiapa yang menahan pandangannya karena Allah, maka dia akan diberikan oleh Allah rasa manisnya iman yang ia rasakan dalam hatinya, sampai dimana ia manghadap kepada-Nya.” [HR. Ahmad]

3. Berlebihan dalam makan

Sedikit makan dapat melunakkan hati, menajamkan otak, merendahkan nafsu birahi dan melemahkan nafsu amarah. Sedangkan bila banyak makan, bahkan sampai kekenyangan akan berakibat sebaliknya.

Dari Miqdam bin Ma’di Karib dia berkata, bahwa ia mendengar RasuluLlah ﷺ bersabda,

“Anak adam tidak memenuhi wadah yang lebih buruk, daripada ia memenuhi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap saja untuk menguatkan tulang rusuknya. Jika memang tidak memungkinkan, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk nafasnya.” [HR. Ahmad dan Tirmidzi].

4. Berlebihan dalam bergaul

Demikian juga berlebih-lebihan (tidak memilih teman) dalam pergaulan dapat mendatangkan kerugian di dunia dan akhirat.

Seyogyanya bagi seorang mukmin mengambil hikmah dari setiap pergaulan, usahakanlah untuk bersikap bijak dan dapat menempatkan diri dalam menghadapi berbagai karakter teman sepergaulan.

🎉🎊🎉🎊🎉🎊🎉🎊🎉🎊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF