How digestion work

🌿🍀🌾🍁🍂🌷🍃

Sebelum memasuki materi berikutnya, silahkan menyimak bbrp video.

1⃣ Watch "Dr. Tan Shot Yen : Makanan yang sehat adalah makanan yang alami" on YouTube - https://youtu.be/chuMX7n0_w8

2⃣ Watch "Dr. Tan Shot Yen : Makanan Seimbang (Karbohidrat Bag 2)" on YouTube - https://youtu.be/OXpQ6Bs2tEI

3⃣ Watch "Dr. Tan Shot Yen :  Makanan Seimbang (Karbohidrat Bag.1)" on YouTube - https://youtu.be/83AzueT3LhU

4⃣ Watch "Dr. Tan Shot Yen :  Makanan Seimbang ( Protein dan Lemak)" on YouTube - https://youtu.be/NmAyHuPqNQA

Video "HOW DIGESTION WORKS"

🎆Video tsb memberi gambaran bagaimana makanan dicerna mulai dari mulut ke lambung dan ke usus.

Baik untuk dipahami bagaimana makanan diolah dan dicerna dalam tubuh kita. Kita bisa membayangkan bila makanan campur aduk diolah, dicerna dan diserap bersamaan. Atau bila kita makan terpisah2.

🌟Berkaitan dengan cara kerja sistem pencernaan tubuh kita, enzym yang mengolah karbohidrat berbeda dengan enzym yang mengolah protein hewan.

💥Ketika makanan masuk dan diolah/dikunyah di mulut, penting sekali diperhatikan mengunyah makanan sampai halus karena di dalam usus tidak ada lagi pemecahan makanan menjadi fraksi lebih kecil. Dengan mengunyah makanan menjadi halus, membantu kerja lambung/usus sehingga tidak memberatkan organ pencernaan.

💥Selain itu di dalam mulut juga bekerja enzym amilase yang mengolah karbohidrat. Fungsi mengunyah dan  membolak balikkan makanan adalah  mencampur makanan dengan enzym, dan kita memastikan makanan tercampur sempurna dengan enzym sebelum masuk ke dalam lambung.

💥Di dalam air liur kita selain enzym juga ada zat pembunuh kuman/bakteri. Ini adalah pertahanan pertama tubuh kita terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh.

Sekali lagi, jangan sampai melewatkan kunyah sempurna dan membolak balikan makanan agar tercampur dengan air liur.

💥Masuk ke lambung, makanan bercampur dengan asam lambung, selain mengeluarkan enzym yg mencerna karbohidrat,  juga membunuh bakteri/kuman dengan sifat sangat asamnya. Di lambung ini sedikit sekali keluarnya enzym yg mengolah protein.

💥 Lambung manusia normalnya menampung 1/2 liter. Tapi bisa dikembangkan sebesar 2 liter. Hanya saja jika kita makan banyak, ada makanan yang shrsnya bisa tercampur dengan enzym di lambung, namun menjadi sulit dijangkau karena penuh. Hasil cernanya kurang optimal. Dan ketika diserap di usus,  malah tertinggal dan menjadi terbuang.

💥Dari lambung, makanan antri melewati usus 12jari.
Makanan melewati empedu penghasil enzym pengolah protein dan lemak juga pankreas penghasil enzym pengolah karbohidrat.

💥Disinilah penting diperhatikan, mengapa pola makan FC memisahkan makanan tinggi kandungan karbohidrat dengan makanan tinggi kandungan protein. Kaitannya dengan kerja enzym pengolah karbohidrat dan protein.

💥Akan sangat membantu meringankan kerja pencernaan ketika kita hanya makan makanan tinggi karbohidrat saja sehingga kerja enzym di lambung dan usus 12 jari optimal mengolah karbohidrat dan siap diserap di usus halus.

💥Dan juga masa kerja enzym adalah hanya 4 jam. Ketika kita kita makan hanya karbohidrat saja, segera selesai hanya 2-3 jam. Demikian juga jika makan protein, 3-4 jam makanan baru siap selesai diolah.

💥Dengan siatem pengolahan makanan oleh enzym cerna karbohidrat dan protein, mencampurkan makanan karbohidrat dengan protein hewani, antrian pengolahan makanan membutuhkan waktu 2-3 jam utk karbohidrat ditambah 3-4 jam untuk protein, sehingga masa transit (antrian) lebih dari 4 jam, melebihi kemampuan kerja cerna makanan.

❓ Apa yang terjadi kalau makanan sudah lebih dari 4 jam diolah dalam usus?
Enzym berhenti bekerja, dan makanan lewat begitu saja dari lambung masuk ke usus halus. Padahal untuk proses metabolisme tubuh, memerlukan enzym untuk diserap dengan baik. Maka makanan kita tidak bisa sempurna diserap nutrisinya, bisa disebut mubazir.

💡Inilah alasan mendasar mengapa pola makan FC disebut sebagai cara makan sehat, dengan mengkombinasi makanan yang serasi akan optimal penyerapan gizi.

🍴Pagi hari kita mengkonsumsi buah di saat perut kosong dan terpisah dengan makanan lainnya.

🍎🍇🍊🍐🍒Yang dirasakan (biasanya oleh pelaku FC) adalah perut lebih ringan dan energinya lebih efisien dimanfaatkan oleh tubuh sehingga tubuh terasa lebih ringan dan nyaman.

❓🍴Bagaimana dengan makan siang dan makan malam?

💥Yang kita kenal paduan paling tidak serasi adalah protein dan karbohidrat dimakan saat bersamaan. Apalagi dimakan dengan porsi yang sama banyaknya.

💥Protein dan pati masing2 memerlukan enzym pencernaan yang berbeda dan setiap enzym memerlukan pH yang sangat jauh berbeda.
Protein memerlukan waktu cerna jauh lebih lama daripada pati.

Inilah yang penerapan berbeda dengan pola FC.

🎆
🍴Paduan makanan yang serasi adalah

✅Karbohidrat dan sayuran
atau
✅Protein hewan dan sayuran

🌿Sayuran merupakan makanan pembentuk basa yang sifatnya makanan netral, sehingga bisa dikombinasi dengan karbohidrat dan protein.

🌿Sayuran juga memiliki serat yang keras dan padat itu sebabnya sayuran wajib dikonsumsi bersama karbohidrat dan protein hewan shg akan lebih mudah dicerna.

🌿Sayuran memikili kandungan enzym yang berlimpah, sehingga tubuh tidak perlu bekerja keras mengeluarkan enzym.

💡 Ingat pembahasan kemarin ttg siklus pencernaan tubuh khan ya. Jam 12.00 sampai dengan jam 20.00 adàlah masa tubuh sibuk mencerna makanan. Di saat itu kita melakukan makan siang, makan malam dan diselingi kudapan diantara kedua waktu makan tsb.

Disaat itu makan siang dn makan malam kita makan dengan paduan
🍛karbohidrat dan sayuran
Atau
🍗protein hewan dan sayuran

🌽🍅🍆🍠
Kita sepakat ya kalau makan sayuran itu wajib sebagai kombinasi makanan sehat. Dan dimakan saat siang hari dan malam hari.

🌟🌟💥🌟🌟
Sekali lagi saya ingatkan bahwa pentingnya mengkonsumsi sayuran. Baik kita memilih menu karbohidrat atau menu protein hewan.

🌿Hanya saja enzym dan vitamin yang terkandung dalam sayuran sangat mudah rusak bila dimasak, bahkan dicuci juga mudah rusak.

💡💥Ingat, kita sangat membutuhkan enzym untuk mencerna makanan. Itu sebabnya kita mesti mengkonsumsi sayuran segar walaupun sudah makan sayuran yang dimasak.

🌟💥🌟💥🌟
Kita lanjut kombinasi makanan serasi lainnya

🍴✅ Padu padan makanan lain yang serasi adalah protein dan lemak

🌟Walaupun serasi protein dengan minyak, hanya saja semua pola makan sehat tidak menyarankan memasak makanan dengan digoreng, karena proses pemanasan dengan digoreng akan merusak enzym makanan.

🍴✅Makanan serasi lainnya adalah pati dan lemak, tapi dengan syarat jangan terlalu banyak lemaknya.

🍴✅Lainnya pati dengan pati, misalnya nasi dengan perkedel kentang.

🍴✅Kemudian pati dan protein nabati. Misalnya nasi dengan tempe dan tahu atau jamur.

🍴✅Protein nabati dan protein hewani masuk katagori makanan serasi.

Nah.. Selain kita paham padanan makanan serasi mesti paham makanan tidak serasi.. ❌

🍴❎❌Tadi sudah disebutkan protein hewan tidak bisa digabung makan bersama karbohidrat.

🍴❎❌Protein dengan makanan pembentuk asam. Misalnya daging kita makan dengam saos tomat.

🍴❎❌Kemudian pati dengam gula, termasuk diantaranya cake, roti manis, dll

🍴❎❌Pati dengan asam, paling populer adalah spageti dengan saos tomat.

🍴❎❌Lemak dengan gula, masing2 memerlukan waktu cerna berbeda. Gula cepat dicerna, lemak sangat lama dicerna. Contohnya eskrim dan buah, permen.

🍴❎❌Protein dan gula, contohnya daging dimasak dengan nanas.

🍴❎❌Dan juga protein hewan dengan protein hewan lainnya. Dadar telur keju tidak serasi.

✅ Food combining memang dikenal tidak mengkonsumsi protein hewan dan karbohidrat.

✅ Namun dengan prinsip yang kita pahami bahwa kita tidak membebani kerja organ pencernaan maka kita perlu memperhatikan padu padan yang serasi dan tidak serasi tsb.

🌟💥🌟

🌿🌿🌿
Dari penjelasan padu padan makanan yang serasi dan tidak serasi.. Hal yang paling mendasar pada pola makan sehat adalah makan SAYURAN.
🌿🍆🍠🍀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF