RAW HONEY

🐝🍯Raw-honey adalah madu segar dimana madu tidak mengalami pemrosesan, tidak seperti yang dilakukan oleh pabrik2 madu dimana mereka melakukan proses pasteurisasi dan filterisasi mikro.

🐝 Zat yg terkandung dlm madu sgt penting utk memperlancar proses biokimia tubuh & proses penyembuhan aneka penyakit baik dalam maupun luar. Sementara kandungan enzim dlm madu dilaporkan plg tinggi jika dibandingkan dg makanan lainnya.

🍯 Proses pasteurisasi & filterisasi mikro pd madu membuat madu jadi tdk alami lagi (not raw honey). Madu akan kehilangan sebagian besar khasiat dan nilai gizinya. Enzim2nya akan mati dan vitamin2nya byk yg hilang.

🐝 Saat lebah menghisap nektar pd bunga, akan terhisap juga yang namanya beepollen dalam kuantitas kecil. Bee pollen ini akan bereaksi dengan enzim lebah dan ragi pd madu shg akan mengeluarkan produk sampingan berupa gas. Jika gas ini keluar terus maka bisa menyebabkan botol pecah atau tutup botol akan menekan keluar shg madu akan luber keluar. Pasti hal ini tdk dikehendaki oleh pabrik yg menempatkan seluruh madunya di toko. Maka pabrik madu melakukan proses pasteurisasi & filterisasi mikro lebih dulu.

🍯 Jadi proses pasteurisasi bertujuan utk menghilangkan enzim pd madu.
Caranya seperti pasteurisasi pada susu. Efeknya, akan berkurang atau habisnya enzim lebah serta vitamin-mineral yg berguna bagi tubuh. Enzim pada lebah ini (diatase, invertrase, dll) akan mati krn tingginya panas pd proses pasteurisasi.
Jika kita membaca pada SNI 2004 ttg madu, hal ini sgt bertentangan krn enzim adalah penanda kualitas & keaslian madu.

🐝 Lalu mengenai filterisasi mikro yg banyak dipraktekkan oleh pengusaha madu, ini krn selama madu masih punya enzim & bee pollen terlarut, madu pasti memiliki hasil sampingan berupa gas sehingga menguntungkan mereka pada proses pendistribusian madu. Jadi, dari proses PASTEURISASI DAN FILTERISASI MIKRO tsb, konsumen yg dirugikan dan pengusaha madu yg diuntungkan.
Sebaik2nya madu adalah yg belum mengalami proses apapun

🍯 "Madu tidak mengandung bakteri apapun di dalamnya. Hasil uji coba laboratorium menunjukkan bahwa madu yang tidak disaring (filter)
memiliki kemampuan 2 kali lebih hebat dalam membunuh kuman & bakteri daripada madu yang disaring" (Prof.Dr. Said Hammad, Al-Ilaju bi Al-Asali).

🐝 Mau kulit tetap kencang dan awet muda? Jadikan madu sebagai salah satu SuperFood di rumah yg rutin diminum karena Pinocembrin, antioksidan yang membuat awet muda hanya ada pada madu. Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

🐝 Madu juga memiliki sifat anti peradangan alami, mengurangi rasa sakit/nyeri.

🍯 Madu sangat cepat menutup luka, untuk masker dan lulur juga OK supaya kulit halus alami.

🐝 Berbagai penelitian menyimpulkan, madu merupakan antibiotik alami terbaik. Banyak bakteri, virus, jamur maupun parasit lain tidak dapat hidup dalam madu.

🍯 Rasa, warna dan aroma madu hutan dapat sedikit berubah karena sumber madu dari lebah liar multiflora.

🐝🍯 Pertanyaan Umum:

🔹Q: Lebih bagus mana antara madu hutan, madu putih dan madu sarang?
A: Semua bagus dan sama manfaatnya. Dari lebah liar multiflora. Yang membedakan adalah rasa, warna dan harga :)

🔹Q: Bagaimana jika mendapati madu ber-gas dan/atau mengeluarkan busa saat barang diterima?
A : Berikan sedikit lubang terlebih dahulu. Atau tusuk dengan jarum steril. Biarkan gas keluar pelan2 supaya tidak ada letupan. Setelah has hilang baru dibuka kemasannya. 
Jika ada busa, biarkan madu sedikit terbuka (jangan ditutup rapat) selama seharian. Nanti busa tersebut akan berubah menjadi madu kembali.

🔹Q: mengapa terkadang dijumpai rasa madu yang sedikit asam namun rasanya tetap manis dan segar?
A: Rasa sedikit asam dipengaruhi dari sumber nektar dan musim, sehingga bukan merupakan bentuk menurunnya kualitas madu. Madu asli memiliki rasa sedikit asam itu normal. Kalau di uji Lab, PH-nya 3,5 sampai 6,1

🔹Q: Benarkah kalau madu asli itu tidak disemutin?
A: Semut sangat suka madu sampai seringkali mjd hama pengganggu bagi peternak lebah madu. 
Di buku Prof. Sihombing yg judulnya "Ilmu ternak lebah madu" disitu tertulis
"...seekor saja (semut) dapat menginvasi sarang lebah dan menjadikan sbg rantaian makanan yg mengangkut madu, telur, dan larva yg mengusik lebah dewasa".
Jadi anggapan bahwa semut tidak menyukai madu itu salah besar.

🐝🐝🔹🐝🐝🔹🐝🐝🔹🐝🐝🔹🐝

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF