SHARING BERSAMA BU ANUNG (pakar FC)

➰➰

14 Agustus 2016
Di Rumah Mb. Isti Jl. Gayam

(Diedit dari tulisan Za Latifah)

Alhamdulillah siang tadi berkesempatan bertatap muka, makan siang bersama, dan sharing bareng dengan Bu. Anung di kediaman Mb. Isti dan bertemu dengan beberapa pejuang sehat FC dr beberapa Komunitas. Ada yang dari SDFC (Sehat Dengan Food Combining), SSJ (Sahabat Sehat Jogja metamorfosa dari FCJ) dan tentu saja SAHIBA (peserta terbanyak nih)
Diawali dengan potong-potong buah (sarbu sesi akhir) dan plating hidangan maksi.

🌳 Yang perlu kita pahami dari FC menurut Bu. Anung, bahwa FC pada dasarnya adalah koreksi dari program pemerintah yang selama ini sudah dekat dengan kita, 4 sehat 5 sempurna. Termasuk di dalamnya nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan susu

✅Bagaimana makannya??
✅Kapan makannya??
✅Berapa banyak makannya??

Yang semuanya disesuaikan dengan sistem kerja tubuh kita.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Di awal, kita sudah dikenalkan dengan siklus sirkardian kan..buat yang lupa, siklus sirkardian  adalah siklus kerja tubuh kita yang terdiri dari:
1. Pencernaan 12.oo-20.oo
2. Penyerapan 20.oo-04.oo
3. Pembuangan 04.oo-12.oo
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Evaluasi  4 sehat 5 sempurna:
🍼 Susu: paling tidak bisa dicerna oleh tubuh
🍛 Nasi, lauk pauk, sayur buah: seberapa banyak yg kita perlukan dan kapan mengkonsumsi

🍱🍱 Kapan kita makan?

Semoga sudah paham semua tentang siklus sirkardian

Buah ditempatkan di pagi hari saat waktu pembuangan karena buah cepat cerna dan tidak menguras energi, karena pada saat ini tubuh membutuhkan energi yang besar untuk proses pembuangan

Makan besar dibagi menjadi 2 waktu, yaitu maksi dan makmal, ini juga disesuaikan dengan siklus sirkardian.

🍱 Pada saat maksi, pencernaan kita mulai bekerja keras. Untuk menuju saat makan berikutnya pencernaan kita juga butuh istirahat. Dianjurkan untuk konsumsi prothew saat makan siang, karena proses cernanya yang lama.

Jika saat menuju ke waktu makan berikutnya kita masih lapar, kita masih bisa mengudap (bukan makan besar lagi ya..)

🍚 KUDAPAN
Kudapan yang disarankan adalah kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan juga sangat penting bagi tubuh.

Untuk KUDAPAN seperti singkong rebus..ubi rebus..pisang rebus bisa dikonsumsi sekali-kali. Tp tetap memperhatikan masa cerna sebelum dan sesudahnya.

Banyak sekali jenis kacang-kacangan, ada mete, almond, wallnut, pistacio, kacang arab, dll.

🌽 Kacang tanah bagaimana???
Tidak disarankan. Kulit ari dari kacang tanah sangat mudah berjamur, ini salah satu penyebab kanker. Kecuali bisa dipastikan kualitas kacang sangat bagus, bersih, tidak berjamur, boleh makan kacang tanah, tapi tidak boleh banyak-banyak..segenggam tangan kita sudah cukup.
Atau bisa pilih kolang kaling, tapi tanpa gula yaa, bisa direbus pakai pandan, jahe, atau serai
Enak lagi camcau.. masih tanpa gula yaa

🎋 Kenapa tidak boleh dengan gula??
Gula merusak makanan
Gula aren, gula semut, tetap saja itu gula, sifatnya merusak ( diiihhh...jahat!!! 😅)
Ada tips cheating gula yang cantik dari Bu. Anung, jadi klo mau minum manis usahakan sebelum makan, jangan sesudah makan.  Misal teh manis, minum nya sebelum makan, jangan habis makan 😅
Tapi, kalau untuk bumbu masak secukupnya saja masih diperbolehkan, tapi baceman, di warning, prmakaian gula berlebih.

🌲 Sistem cerna kita
Kenapa kita makan prothew tidak boleh bersama karbo?
Suka sekali dengan cara menjelaskan Bu. Anung ( _maaf tidak bisa sama persis menjelaskannya, tapi kurang lebih seperti ini_).

*Misalnya kita makan karbo atau prothew*
🔻Jadi sistem cerna kita dimulai dari mulut. Makanan masuk melalui mulut ke kerongkongan selanjutnya ke lambung. Di lambung mesin-mesin mulai bekerja, sensor nyala tuh..eh ada karbo nih,sinyal dikirim ke pankreas..📡 "as..as..aku minta enzim dong, ada karbo nih"📡
Baru deh dikirim enzim yang mengolah karbo sedikit demi sedikit ke lambung. Setelah selesai baru olahan tersebut diproses untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

🔻Begitu juga saat daging masuk, sampai lambung sinyal nyala lagi,,owh ada si daging, bukan tugas ku nih, ini jatahnya si pankreas, dikirim lah tu daging ke pankreas⏩⏩⏩, sampai di pankreas di sensor lagi tu, owh iya ini daging jatah ku, mulai dikeluarkan enzim sedikit demi sedikit untuk mencerna si daging, baru hasilnya diproses disalurkan ke seluruh tubuh oleh darah.
Hasil cerna tadi disaring lagi mana toksin mana nutrisi. Nutrisi akan diedarkan oleh darah, toksin akan disaring untuk dibuang.

Beda cerita ketika karbo dan prothew bertemu dalam satu waktu.
🔻Ketika sampai dilambung, sensor mengirim sinyal untuk meminta enzim mengolah karbo, sedikit demi sedikit enzim dilepas, tapi tidak segera selesai, proses jadi lama dan berat, owh..ini ada prothew nih, bukan tugas ku dilambung nih. Ganggu aja katanya.
🔻Cadangan enzim akhirnya terkuras, begitu selesai dikirim lah si prothew ke pankreas. Setelah tadi stok enzim dikuras habis-habisan buat mengolah karbo di lambung, sekarang harus kerja keras lagi mencerna si prothew. Proses cerna prothew belum selesai, olahan karbo tadi keburu membusuk. Ini juga mengganggu. Akhirnya hanya menjadi toksin. Ketika proses distribusi nutrisi keseluruh tubuh yg ditemukan hanya toksin, ya itulah yang dibawa oleh darah yang kemudian akan disebar keseluruh tubuh. Tubuh jadi kekurangan nutrisi, kondisi tubuh juga semakin asam, jadi sumber penyakit.
( _Itulah kenapa karbo dan prothew tidak berjodoh_)

🌳 *```Tanya jawab```*:

[1]❓»Kalau memperhatikan transit time makanan dalam tubuh, misal makan siang jam 12 pakai telur, hitung transit time 1jam, trus 13.30 kita makan nasi bagaimana?
❗=itu memberatkan sistem cerna, sebaiknya makan protew yang kenyang saja sekalian, 2 telur boleh dengan pronab, tambah lagi sayuran yang banyak, atau kalau ayam boleh 2 potong kalau perlu, jadi sampai waktu makan berikutnya tidak lapar lagi

[2]❓»Bagaimana dengan pertemuan 2 prothew, ayam dan ikan misalnya?
❗=Sama saja, itu juga memberatkan sistem cerna.ambil salah satu dan cukupkan

[3]❓»Idealnya minum jus sayur berapa kali?
❗=setidaknya 1 kali, untuk yang bermasalah dengan lambung boleh ditambah. Lihat file food diary gerd

[4]❓»untuk orang yang kurus tetapi dengan FC malah semakin kurus itu bagaimana?
❗=itu pasti karena yang 10%, 20% dan 70% tadi belum terpenuhi, begitu juga yang BB kok tidak turun turun
Untuk yang kurus, itu artinya dia kekurangan sesuatu, dengan fc ia akan dipenuhi. Begitu juga yang gemuk, dia pasti kelebihan sesuatu, dengan FC yang berlebihan itu perlahan akan dibuang. Jadi perbaiki, pasti FC nya ada yang salah

[5]❓»sudah FC sesuai juklak tetapi masih saja bermasalah kesehatan
❗=review lagi masa lalu, trauma psikis juga sangat berpengaruh bagi kesehatan.trauma psikis bisa bermacam-macam. Bisa dari perlakuan orang tua semasa kecil, atau lainnya.

✍🏼✍🏼Dr penjelasan Bu. Anung dan Mb. Yudha intinya adalah semua dilepaskan, di ikhlaskan, dikeluarkan, jangan sampai menjadi beban di dalam hati maupun pikiran. Bisa dengan "meditasi" ( _aku pikir terlepas dari kontroversi meditasi ala yoga ya,,karena dengan pengendalian diri dibarengi dzikir itu juga bisa dikatakan meditasi juga, mengembalikan semua persoalan kepada Allah, menghabiskan akhir malam hanya berdua dengan Allah itu jauh lebih baik dari meditasi lainnya, begitu juga seperti saran Bu. Anung, yaitu dengan psikolog, untuk membantu memecahkan permasalahan yang tanpa kita sadari dan akui ada dalam diri kita. Wallahu a'lam_) nanti aq share salah satu cerita Bu. Anung tentang trauma psikis. Bikin merinding

```Untuk yang memiliki masalah kesehatan, sebaiknya hindari cheating-cheating ya. Kita berjuang bareng-bareng. Belum bisa komit bukan lagi jadi alasan, tapi marilah kita cari alasan untuk bisa komit.

🔶 Ada lagi, sebaiknya makan porsi makan kita itu dalam sekali makan bukan dengan 2 piring makanan, 1 piring nasi + lauk ditambah sepiring raw food
Sebaiknya gunakan 1piring makan, yang didalamnya sudah ditata nasi,lauk,sayur masak, dan raw
🔷Kenapa tidak dianjurkan dengan 2 piring nasi dan raw?
Besar lambung kita hanya sebesar kepalan tangan, jika kita mengisinya berlebihan maka lambung akan membesaw..besar..dan besar karena terdesak oleh makanan, joka itu terjadi, maka bagaimana lambung akan mencerna makanan dengan baik, ruang yang tersedia tidak memudahkan lambung bekerja

🔶Kata Bu. Anung, dengan cara makan seperti itu nanti lama-lama tubuh akan menyesuaikan, makan sedikitpun bisa kenyang, tp nutrisi yg didapat bisa maksimal.

🔷 Orang yang masih suka banyak keluhan, bisa jadi karena masih tersimpan gluten dalam tubuh.
Pempek,bakso,mie, dkk
Oke deh pempek ga pakai terigu, tapi dia mix karbo dan prothew😅
Mie kan pake bihun beras,,ahh sama saja,bihun beras,bihun jagung. Kecuali bisa benar2 memastikan bahan2'y aman.

👣👣👣👣👣👣👣👣👣👣👣👣👣

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF