EFEK BURUK GLUTEN

🍞🍔

(Disadur dr tulisan Dea FCI dg sumber penulis: Wied Harry Apriadji)

🍩 Tepung terigu dan bahan utama roti & mie mengandung gluten, yaitu jenis protein yg sulit cerna.cDi dalam sistem cerna kita, gluten yg menyerupai lem ini akan lengket ke dinding usus.
(Gluten berasal dr kata glue/lengket).

🔷 Reaksi negatif gluten bisa muncul dari berupa gejala ringan seperti rasa tidak nyaman di perut, kembung, pilek hingga gejala berat seperti perubahan suasana hati, sakit kepala, migraine, nyeri otot atau sendi, eksim, asma, sindrom iritasi usus,  kemudian bisa jg memunculkan gangguan pencernaan serius spt celliac sprue, yakni kerusakan permukaan halus dinding usus yg mengakibatkan ketdkmampuan dinding usus menyerap nutrisi.

(Penjelasan selengkapnya bisa dibaca dalam buku Pencernaan Sebagai Kunci Hidup Sehat terbitan BIP Jakarta, terjemahan dari buku berjudul Gut Wisdom, karya Alice M. Sorokie).

👻 Jika menurut anda “para pemakan mie & roti merasa baik2 saja”, maka patut dipertanyakan baiknya seperti apa. Bisa saja secara fisik tampaknya baik2 saja, belum tentu kondisi kesehatannya demikian. Selain gejala2 “ringan” yg saya sebutkan di atas, banyak lendir dalam hidung & kerongkongan sdh menjadi indikasi tubuh kelebihan asupan gluten.

🍝🍝 Makan Mie Cepat Gemuk?

🔻Mie terbuat dari tepung terigu mengandung gluten. Di dalam tubuh kita, makanan utama bergluten akan sulit dicerna.

🔻System cerna memerlukan waktu sedikitnya 3 – 4 kali siklus metabolisme (3-4 x 24 jam) untuk mencerna terigu dan membuang sampah terigu.
Jika kita makan mie dalam porsi besar, apalagi sering, maka banyak terigu yang tidak tercerna.

🔻Nah, sampah terigu dalam saluran pencernaan yang tidak tercerna ini akan menjadi zat toksin.
Tubuh kita sudah diciptakan sempurna oleh Tuhan. Jika banyak zat toksin dalam tubuh kita melampaui batas toleransi tubuh, maka tubuh secara otomatis membentuk lemak dg tujuan untuk mengikat zat-zat toksin tersebut agar tidak mengganggu fungsi organ dan system metabolisme. Akibatnya, makin banyak timbunan lemak tubuh, sehingga berat badan pun meningkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF