SIKLUS PENCERNAAN TUBUH

🕐🕑🕒

✍🏼Food Combining merupakan pola makan yang sangat alami dan sangat baik diterapkan pada tubuh manusia, dimana cara kerja tubuh disesuaikan dengan aturan tubuh yang alami. Bila kita menerapkan hal ini, maka organ cerna kita akan sehat dan tubuh akan sehat.

✍🏼Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi sehat, yaitu
1. Kesimbangan asam basa tubuh
2. Sistem cerna berkerja sesuai aturan alam
3. Waktu makan yang sesuai dengan siklus sistem cerna.

✍🏼Secara alami, tubuh manusia mengalami proses pencernaannya. Dalam sehari tidak mungkin tubuh kita bisa terus menerus mengelola makanan yang masuk, tapi diatur sedemikian rupa dimana tubuh kita mengalami siklus tubuh. Dalam sehari pengaturan makanan menyesuaikan dengan siklus tubuh.

🕛 Fase Pencernaan terjadi antara jam 12.00 - 20.00

Saat ini tubuh sedang pada masa beraktifitas, dimana masa terbaik bagi tubuh untuk mencerna karbohidrat, sayuran dan lauk pauk.

🕗 Fase Penyerapan nutrisi antara jam 20.00 - 04.00

Saat ini tubuh mulai menyerap nutrisi yang telah dicerna pada masa cerna, saat ini juga terjadi proses asmilasi, mengedarkan zat makanan dan detoksifikasi dimana tubuh masuk pada fase istirahat. Dalam kondisi ini sebaiknya kita tidak lagi membebani organ pencernaan dengan asupan makanan yang berat, sebab energi yang digunakan untuk menyerap nutrisi akan terbagi dengan energi mencerna sehingga penyerapan kurang optimal. Tidur larut malam akan menghambat proses pada fase ini.

🕓 Fase Pembuangan Sisa Makanan terjadi antara jam  04.00 - 12.00

Pada saat tubuh sedang dalam proses pembuangan sisa makanan dan sisa metabolisme tubuh, selayaknya kita tidak membebani tubuh atau dengan makan yang sulit dicerna berat dan padat karena akan memboroskan energi untuk mencerna
yaitu dengan makan asupan nutrisi yang mudah dicerna tapi juga memberi kecukupan nutrisi yang lengkap sebagai sumber energi. Pilihannya adalah makan buah2an.

🍴Utk makan berat; 30 menit sebelum makan siang/malam minumlah air putih atau bisa jus sayur tanpa ampas, dan minum air putih lagi 1 jam setelah makan siang/malam.

🍹Pengaturan minum air putih sangatlah penting diperhatikan. Minum air putih sebelum makan berfungsi mempersiapkan kerja organ cerna, dan minumlah air putih minimal 1 jam setelah makan agar tidak menguras enzym saat mulai mencerna. Jangan makan sambil didorong minum air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF