PENTINGNYA PAHAM "KENAPA MELAKUKAN ‪FOOD COMBINING‬?

🙇🏻🙇🏻
PENTINGNYA PAHAM "KENAPA MELAKUKAN ‪#FOOD COMBINING‬?"
(Disadur dan diedit dr tulisan Erikar Lebang)

Dari awal saya melakukan edukasi secara masif tentang Food Combining (FC) via sosial media atau media publik lainnya,  penekanan yang saya berikan selalu di sisi pemahaman dan komitmen.
Bukan melulu doktrin "harus begini-begitu" apalagi FC model klemar-klemer ala bunda peri dalam dongeng HC Andersen"ya sudah kalau gak mampu, lakukan aja dulu yang kamu mampu".

Kenapa? Banyak alasannya, ini yang paling utama, yaitu:

1⃣ MANDIRI
Melulu mengedepankan aturan ketimbang pemahaman akan menciptakan pola makan FC seperti anak SD yang diajari rumus untuk diaplikasikan tanpa pernah tahu kenapa? Akhirnya saat berhadapan dengan situasi khusus, ya rumus itu jadi gak berguna, karena pemahamannya gak sampai ke sisi penguasaan apalagi improvisasi. Kuncinya memang pelaku FC harus ditempatkan di posisi, "Mengerti (atau paling tidak berusaha untuk berproses agar mengerti pada akhirnya) ketimbang cuma ngekor" supaya mereka bisa mandiri.

2⃣ DISIPLIN
Suka gak suka namanya pola makan sehat itu basisnya adalah rutinitas. Apa cermin paling utama dari rutinitas? Disiplin, dalam bentuk pengulangan pada apa yang dilakukan setiap hari.

Tentu saja yang diulang harus sesuatu yang sesuai dengan aturan. Nah gimana caranya mau disiplin? Kalau setiap hari ada saja aturan yang dilanggar? 

3⃣ MENIKMATI
Paham FC akan membuat pelakunya nyaman dalam melakukan. Bukan sekedar ikut-ikutan, dibebani target ini-itu atau sekedar terobsesi.

Pelaku FC yang "paham kenapa?" akan menikmati setiap proses yang terjadi dalam hidupnya saat mereka menjalani. Mau itu berupa aturan, larangan, sesuatu yang dibolehkan bahkan saat sesekali mereka melanggar FC tersebut, semua bisa dinikmati. Apalagi bila dibandingkan dengan "meningkatnya kualitas hidup sebelum dan sesudah melakukan FC".

Tanpa pemahaman, sering pelaku FC lebih ada dalam kondisi 'menderita' atau 'terpaksa" bahkan "tersiksa' yang akhirnya menjadi bulan-bulanan atau ejekan dari lingkungan sekitar. 

Pelaku yang baik, paham benar bahwa 3 poin di atas adalah soko guru utama mereka dalam menjalani FC. Itu sebabnya mereka sanggup bertahan bertahun-tahun bahkan seumur hidup semenjak pertama mengenal dan memutuskan menjalani.

🔆💖Nikmati seluruh rangkaian FC, jangan dijadikan beban.. Ingat FC itu akan menjadi gaya hidup kita seumur hidup, bukan terapi sesaat untuk penyembuhan dan diet melangsingkan.

🔆💖Disiplin.. Paling tidak sampai tubuhnya benar2 sehat dengan kondisi homeostatis, sehat sejati.. Jangan pikirkan cheating dulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF