Ketika Do'a Tidak Kunjung Terkabul

🔰 Rekap Kajian On Line Tholabul 'Ilmi🔰

Oleh    : Ustadzah Mei
Hari    : Selasa, 8 Agustus 2017
Live dari : Group TI 10
Tema  : Ketika Do'a Tidak Kunjung Terkabul

Notulen : Ukhty Donna

#################
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Bismillahirrahmanirrahiim..

KETIKA DO'A TAK KUNJUNG TERKABUL

Hal yang menarik ketika ada seorang mukmin berdo'a namun tidak kunjung dikabulkan. Ia pun mengulang do'anya sampai sekian lama, namun tak kunjunh datang tanda - tanda jawaban dari Alloh SWT. Ketahuilah hal itu adalah cobaan yang membutuhkan kesabaran

Telah banyak contohnya dari para nabi terdahulu.

Apa yang akan kita rasakan jika do'a do'a kita lama tidak terkabul? Pasti akan muncul rasa khawatir. Maka sesungguhnya kekhawatiran tersebut adalah sebuah penyakit.

Lantas....
Apa yang bisa kita lakukan ketika kekhawatiran tersebut mulai merasuki dada kita? Tentu kita butuh sesuatu untuk mengobati kekhawatiran tsb.

Kira-kira apa obatnya?

Ya...!
Tentu kita harus banyak-banyak menghibur diri dengan prasangka baik kepada Alloh SWT.

Bisikanlah kepada jiwa kita hapuslah kegelisahanmu wahai jiwa! Sungguh Alloh tidak menunda kecuali ingin menguji ketabahanmu, agar engkau menjadi tangguh.

Barangkali resep dari Imam Ibnu Al Jauzi bisa kita gunakan untuk mengobati setiap khawatir yang singgah dalam jiwa kita saat do'a do'a kita tak kunjung dikabulkan.

🍁Pahamilah, bahwa Alloh SWT Maharaja yang memiliki kekuasaan dan wewenang untuk memberi ataupun tidak memeberi.

🍁 Mungkin, kita terlalu lancang menilai sesuatu baik untuk kita. Padahal belum tentu Alloh menganggap itu baik. Hikmahnya bahkan tergambar jelas dalam dalil-dalilnya. Bisa dimisalkan dengan resep obat dari dokter yang pahit, namun itu baik untuk pasiennya. Begitupun hikmah atas ketetapan Alloh.

🍁Kita harus tetap berprasangka baik kepada Alloh. Barangkali Alloh menunda pengabulan do'a kita demi suatu maslahat (kebermanfaatan). Mungkin jika do'a kita segera dikabulkan justeru akan memunculkan bahaya.

Kata Rasulullah SAW dalam sabdanya :
Seseorang akan berada dalam kebaikan selama ia tidak tergesa-gesa berkata, "saya berdo'a namun tak kunjung dikabulkan"

🍁 Bisa juga do'a kita ternyata tertolak, karena aib yang kita simpan dalam diri kita. Mungkin saja dalam makanan kita ada sesuatu yg subhat atau hati kita lalai saat berdo'a. Atau kita tidak pernah sungguh-sungguh bertaubat kepada Alloh dan tidak bersegera meninggalkan perbuatan dosa.

🍁 Maka bisa kita simpulkan bahwa tugas kita adalah berusaha memandang sesuatu dengan jernih Karena seringkali dosa kita bertambah ketika do'a kita segera dikabulkan atau justeru terkabulnya do'a kita akan mengurangi derajat amal kebaikan kita.

🍁 Atau mungkin saja apa yang tidak kita capai adalah rahnat agar engkau tetap dekat dengan pintu -NYA.

Jika kita sudah disibukan dengan prasangka-prasangka baik kepada Alloh karena do' a kita tak kunjung dikabulkan maka kita akan disibukan dengan hal-hal yang sangat jauh lebih bermanfaat. Kita akan terlepas dari bayang-bayang kekhawatiran.

Maka bersegeralah kita untuk bertaubat dan tetaplah berdiri di depa pintu-Nya. Tetap meminta dan berharap tanpa harus mengkhawatirkan kapan DIA akan mengabulkan

Wallahu'alam bishowab
🙏🙏🙏

TANYA JAWAB THOLABUL 'ILMI AKHWAT T10
■□■□■□■□■□■□■□■

🔰 PERTANYAAN:

1⃣ Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh  Bu Ustadzah
jika dosa kita Karena makanan bgmn ya bu, secara.. kita masih ikut ortu...  Dan g tau jika makanan itu becampur dr hasil yg kurang baik..  (sogok dll)
apa yg mesti kita lakukan bu ?

2⃣ Bismillah... mohon izin bertanya ustadzah.. kalau kita mengharapkan jawaban atas istikharah kita namun Allah ta'ala tidak serta merta memberi jawaban gimana ustadzah?? Apa senantiasa berharap?? Atau mencoba memberanikan diri memilih sesuai isi hati?? Syukron jazakillah atas jawabannya...

3⃣ Assalamualaikum . Ustadzah klo habaib" (cucu rosullulloh) klo mlkkn ksalhan ktika ia tobat psti lgsg d trima . Nah msalkan slh stu habaib mnyukai harem biasa trus ia ingin mnikhi ny cm lg proses bnyk godaan ny jd trtunda . Trs sking dia syg cnta ny sm harem biasa itu ia mmgang tngan ny mncium tgan ny dn kning ny . mgkin habaib itu tbat d trima . Nah bgmna nasib c harem biasa itu stlah tobat dn bnyk istgfar ? Tp kdpanya sring bgtu lg dn istgfar tobat lg dn gtu lg . Afwan ustzah klo trllu pnjang . Syukron 😌

4⃣ Iyaa sblumnya syukran ustzah . Tp kita ktika brtaubat brsnguh" mngis mnysali smua ny . Tp d ssi lin wktu kdpn ny dsaat wktu yg sepi bliau mlkkn ny lg kpd c harem biasa itu . C harem bngung d ssi lain mnghrgai tdk ingin mngcewakn mmbwt skit hati ccu rosululloh tp d ssi lin takut sm Alloh krn blm halal . C harem sdh mncba mnolak dn mnghndar tp beliau trus mmksa mryu ny . Bgmna usztzah . Afwan

🔰JAWABAN:

1⃣ Wa'alaikumusalam warahmatullah...
Jika ada makanan yg tidak halal masuk dalam tubuh kita maka do'a kita tdk dikabulkan atau ditangguhkan.
Inilah pentingnya kehati-hatian dalam memilih makanan. Jika kita benar2 tidak tau maka cukuplah do' a sebelum makan menjadi peng-halal makanan kita.
Sebelum makan harus berdo'a yah untuk menjaga asupan halal ke tubuh kita. Wallahu'alam

2⃣ Jawaban istikhara itu tidak mesti ditunjukan melalui mimpi. Ada banyak cara Alloh memberikan petunjuk sbg hasil istikharah. Misalnya kemantapan hati, bisa juga dari hasil musyawarah dg orang2 shalih dan lain sbagainya.

3⃣ Wa'alaikumusalam warahmatullah
Sejatinya taubat adalah penyesalan yg diikuti kesungguhan hati untuk tidak melakukan dosa lagi. Istighfar memang bagian dr taubat. Namun perlu di ingat bahwa dosa kecil yang diulang-ulang bukan lagi berstatus sbg dosa kecil. Maka yang paling aman adalah meninggalkan dosa tsb.
Wallahu'alam

4⃣ Takut kepada Alloh lebih utama. Barang siapa mencari ridho Alloh maka Alloh akan membuat manusia juga ridho dg kita.

      🔰We Are Tholabul'ilmi🔰

🔰🔰🔰
- Facebook : Tholabul'ilmi Group
- Instagram : Tholabulilmi_ig
- www.tholabulilmi.org
- Fp Tholabul'ilmi Fanpage
- tumblr tholabulilmiwa
- Telegram @kajiantholabulilmi

▶▶▶
Gabung Yuk
Caranya Ketik :
👉 Nama#L/P#Domisili#no.WA
Kirim ke :

[WhatsApp]
@dmin TI
081355111241
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF