5K yang Harus Dimiliki Seorang Muslim

🔰 Rekap Kajian On Line Tholabul 'Ilmi 🔰

Oleh    : Ustadz Freddy
Hari    : Kamis, 3 Agustus 2017
Live dari : GroupTI 12
Tema  : 5K yg harus dimiliki Seorang Muslim
Notulen : Ukhty Donna

#################
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Bismillahirrahmanirrahiim..

Kita mulai dari sebuah pertanyaan apakah kita sudah seorang muslim yang tangguh?

Apa sih ciri-ciri muslim yang tangguh, ternyata memiliki 5K, apa saja 5K itu?

5K sangat penting dimiliki oleh seorang muslim saat ini, karena dengan adanya itu maka sebagi seorang muslim akan menjadi muslim yang tangguh dan mampu bersaing secara sehat dengan yang lain.

K1 - Karakter
Setiap muslim wajib mempertahankan karakter, karater bagaimana yang dimaksud adalah bertakwa kepada Allah. dengan sebenar-benarnya takwa (haqqa tuqatih). Tilawah dengan sebenar-benar tilawah (haqqa tilawatih). Berjihad dengan sebenar-benar jihad (haqqa jihadih). Hal ini diperlukan karena takwa merupakan kunci kemudahan seseorang, sehingga bagi Muslim yang sejati akan terus memperkukuhnya dalam kehidupan ini. Oleh karena itu, setiap jumat kita selalu mendapat wasiat dari para khotib untuk terus meningkatkan takwa. Manakala takwa telah berhasil diperkukuhnya dalam hidup ini, niscaya seorang Muslim selalu siap menghadapi kematian dalam keadaaan tunduk serta patuh kepada Allah. Keadaan inilah yang memang diharapkan Allah Subhanahu Wata’ala ada kita sebagaimana terdapat dalam firman-Nya,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ ١٠٢

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS: Ali- Imran:102).

ٱلَّذِينَ ءَاتَيۡنَٰهُمُ ٱلۡكِتَٰبَ يَتۡلُونَهُۥ حَقَّ تِلَاوَتِهِۦٓ أُوْلَٰٓئِكَ يُؤۡمِنُونَ بِهِۦۗ وَمَن يَكۡفُرۡ بِهِۦ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡخَٰسِرُونَ ١٢١

“Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS: Ali Imran: 121)

وَجَٰهِدُواْ فِي ٱللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِۦۚ هُوَ ٱجۡتَبَىٰكُمۡ وَمَا جَعَلَ عَلَيۡكُمۡ فِي ٱلدِّينِ مِنۡ حَرَجٖۚ مِّلَّةَ أَبِيكُمۡ إِبۡرَٰهِيمَۚ هُوَ سَمَّىٰكُمُ ٱلۡمُسۡلِمِينَ مِن قَبۡلُ وَفِي هَٰذَا لِيَكُونَ ٱلرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيۡكُمۡ وَتَكُونُواْ شُهَدَآءَ عَلَى ٱلنَّاسِۚ فَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱعۡتَصِمُواْ بِٱللَّهِ هُوَ مَوۡلَىٰكُمۡۖ فَنِعۡمَ ٱلۡمَوۡلَىٰ وَنِعۡمَ ٱلنَّصِيرُ ٧٨

“Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah Subhanahu Wata’alaSubhanahu Wata’aladengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang Muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” [QS: Ali Imran: 78]

Takwa sebagaimana dalam pengertian yang telah disepakati oleh para ulama adalah, “Takwa”: melaksanakan perintah Allah Subhanahu Wata’ala dan meninggalkan larangan-Nya baik dalam keadaan sunyi maupun ramai.”

Merujuk pendapat Ibnu Abas, takwa adalah Alloh selalu ditauhidkan dan tidak disekutukan, Allah Subhanahu Wata’ala disyukuri nikmat-Nya dan tidak diingkarinya, Nama Allah selalu diingat dan tidak dilupakan sesibuk apapun dan bagaimanapun, Allah selalu didekati dan tidak dijauhi.

Karakter atau ciri khas yang mesti melekat pada pribadi muslim, dari penjelas diatas bisa disedehanakan kedalam:

1. Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih). Salimul aqidah merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslim. Dengan aqidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT. Dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuanNya.

Dengan kebersihan dan kemantapan aqidah, seorang muslim akan menyerahkan segala perbuatannya kepada Allah. “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi Allah tuhan semesta alam” (QS. 6:162). Karena aqidah yang bersih merupakan sesuatu yang amat penting, maka pada masa awal da’wahnya kepada para sahabat di Mekkah, Rasulullah SAW mengutamakan pembinaan aqidah, iman dan tauhid.

2. Shahihul Ibadah (ibadah yang benar). Shahihul ibadah merupakan salah satu perintah Rasulullah SAW yang penting. Dalam satu haditsnya, beliau bersabda: “Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat”. Dari ungkapan ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap peribadatan haruslah merujuk kepada sunnah Rasul SAW yang berarti tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.

3. Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh). Matinul khuluq merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap muslim, baik dalam hubungannya kepada Allah SWT maupun dengan makhluk-makhlukNya. Dengan akhlak yang mulia, manusia akan bahagia dalam hidupnya, baik di dunia apalagi di akhirat.

Rasulullah SAW diutus untuk memperbaiki akhlak dan beliau sendiri telah mencontohkan kepada kita akhlaknya yang agung sehingga diabadikan oleh Allah SWT di dalam Al Qur’an. Allah berfirman yang artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung” (QS. 68:4).

K2 - Kompetensi
Kompetensi adalah pengetahuan dan keterampilan anda dalam bidang tertentu. Kompetensi sesungguhnya datanya dari pelajaran dan pengalaman seumur hidup. kemampuan ada pada banyak tingkatan. Banyak dari seorang muslim yang terkadang mengabaikan hal ini, dimana ini sangat penting karena dengan adanya kompentensi maka seseorang mampu melakukan sesuatu dengan efektif dan efisien. Sehingga kompetensi yang diperlukan, bisa terkait kemapuan berbahasa, kemapuan berdagang, kemampuan menulis, dan lain sebagianya.
Kompetensi diadakan membedakan anda dengan mereka yang tidak berkompeten. Maka, sebagai muslim perlu adanya belajar dan belajar. Karena belajar adalah cara mempertahankan dan menaikan harga saing anda dengan mereka diluar sana.

K3 - Kredibilitas
Memiliki artian bahwa setiap muslim perlu memiliki kredibilitas diri yang kuat. kredibilitas adalah memiliki kepercayaaan diri terhadap apa yang telah menjadi warisan yang dibawa oleh Baginda Rosulullah Saw, berupa Al-Quran dan Al Hadist, jadi ketika dimana ada yang memang senjaga ingin mempengaruhi diri seorang muslim, dia harus berpegang teguh pada kedua itu dan ulama. Menjaga dan mengamalkan apa yang sudah dipelajari dan mempertahankan dengan menyampaikannya kepada orang yang ingin kita sampaikan nasihat kebaikan, maka sampaikanlah walaupun satu ayat.

K4 - Kreatifitas
Iya, dunia semakin maju dan semakin pesat dalam perkembangannya dalam dunia informasi dan teknologi begitu juga sebagai muslim bukan malah menolak serta mengabaikan kendaraan yang bisa digunakan dalam berdakwah misalnya kita gunakan WA untuk kajian, artinya kita telah melangkah dan mengikuti perkembangan zaman namun, kita juga perlu mewaspadai karena semakin canggihnya kita meninggahnya sunnah dan ajaran yang sudah disyariatkan. Kreatifitas bisa berkembang karena seorang muslim belajar dan mengamati serta membuat sesuatu yang mampu bermanfaat bukan hanya untuk dirinya namun umat.

K5 - Kelompok
Sebagai seorang muslim bahwa kita semakin kuat ketika kita berjamaah, ketika meninggalkan jamaah kita akan seperti ayam kehilangan induknya. maka pentingnya kelompok adalah menyatukan kekuatan dan ide serta gagasan yang membangun. Kelompok disini bukan hanya mementingkan urusan kelompok tertentu saja, namun kita berjamaah sehingga terkadang hanya memilih teman yang sama, sedagkan yang berbeda kadang dijauhi, Padahal sesama muslim. dan kadang yang menjadi kendala adalah saling ingin mengunggulkan kelompoknyna sendiri. Kita wajib menjauhi perkara demikian karena akan membentuk muslim yang terkotak-kotak sehingga mudah untuk goyah dan galau.

TANYA JAWAB THOLABUL 'ILMI AKHWAT T12
■□■□■□■□■□■□■□■

🔰 PERTANYAAN:

1⃣🎤 afwan ustad.. mungkin lbh terangkum dalm mkna samina wa atho'na ya.. nah pertnyaanya  sejauh mani kharakter in hrus dihadirkn di dalam diri  untuk bnr2mnjdi seorang muslimah yang tangguh dan muslimah yangb kuat dkondsi zaman seperti hari in.. yng godaan dtang dr setiap pnjuru. jzklh

🔰JAWABAN:

1⃣Sejauh mana karakter itu dikuatkan atau dipertahankan, sampai dimana memang Allah Swt memenangkan islam, karena karakter itu bisa juga dengan akhlaq atau tabiat yang dengan mudah mampu diterima oleh masyarakat.

Kemudian zaman sekarang tetaplah bertahan dan apa yang dipertahankan dipertahankan kalo ada yang kurang baik diperbaiki, karena kredibilitas juga artinya menerima kritik untuk membangun dan memperbaiki diri.

   🔰We Are Tholabul'ilmi

🔰🔰🔰
- Facebook: Tholabul'ilmi Group
- Instagram : Tholabulilmi_ig
- www.tholabulilmi.org
- Fp Tholabul'ilmi Fanpage
- tumblr tholabulilmiwa
- Telegram @kajiantholabulilmi

▶▶▶
Gabung Yuk
Caranya Ketik :
👉🏽Nama#L/P#Domisili#no.WA
Kirim ke :

[WhatsApp]
@dmin TI
081355111241
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF