JALAN KEBAHAGIAAN

💟REKAP KAJIAN ONLINE JOSH💟
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

NARASUMBER : Ustadz Abdillah Nur 
💟GROUP : JOSH AKHWAT 6⃣
HARI/TGL : Jum'at, 17 Maret 2018
💾TEMA : Jalan Kebahagiaan
NOTULEN : Ukhty Eva
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Bismillahirrahmanirrahim...

Jalan kebahagiaan
Bengkulu, Jum’at/ 16 Maret 2018

Bismillah. Setiap manusia di dunia ini, pasti sangat menginginkan bahagia, bahkan sangat mustahil bila ada diantara manusia menginginkan hidup hina dan tersiksa, baik itu muslim maupun kafir, laki-laki maupun perempuan. Hal ini selaras dengan fitrah manusia, bahkan tak satu orang pun mengingkarinya.

Hanya saja yang disayangkan adalah banyaknya orang yang kurang memahami bahwa “untuk mencapai kebahagiaan, dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, manapaki jalan berliku, dihiasi onak dan duri, serta dihiasi berbagai ujian dan cobaan”. Ingatlah sabda Nabi, bila Alloh mencintai suatu kaum niscaya Alloh akan mengujinya.

Saudaraku yang berbahagia, tulisan singkat ini sengaja saya persembahkan bagi anda sekalian, moga Alloh mencatatnya sebagai amal sholeh saya, dan bisa memberikan manfaat bagi kaum musliminin, terlebih yang sedang mencari jalan kebahagiaan.

✍🏻 Bengkulu, di waktu dhuha pada hari jum’at yang penuh berkah, 16 Maret 2018

 إِنَّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا، وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
أما بعد :

فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمَّدٍ, وَشَرَّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ، وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ.

🌾 Jalan kebahagiaan itu ada satu wahai saudara dan saudariku, dia tidak berbilang, hanya saja banyak cabangnya. Jalan kebahagiaan itu adalah taqwa.

🌹 Saudaraku yang berbahagia, marilah kita awali dengan beberapa ayat dari Al-Qur'anul Karim. Alloh berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا,
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ

Artinya: Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya (QS. Ath-Tholaq: 2-3)

Ayat di atas menunjukan jaminan Alloh bagi setiap hambanya yang bertaqwa, bahwa Dia akan memberikan jalan keluar dari setiap permasalahannya. Dan kita sadari bersama, bahwa setiap kita pasti memiliki masalah, entah itu masalah pribadi, keluarga, kehidupan bermasyarakat atau mungkin dengan lembaga yang kita bernaung dan bekerja atau belajar padanya.
🌴 Akan tetapi jangan cemas dan jangan khawatir, selama kita menjaga aturan Alloh, niscaya Alloh akan memberikan solusi terbaik. Dan yakinlah setiap ujian yang menghampiri kita, pasti kita mampu menghadapinya, selama Alloh tetap menjadi penolong kita, karena Alloh menguji kita sesuai dengan bobot kemampuan kita. Sebagaimana firman-Nya:

لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS. Al Baqoroh: 286)
🍁
Saudaraku yang berbahagia, masalah itu kadang terasa berat, manakala kita melupakan Alloh, dan masalah akan terasa lebih ringan manakala kita menjaga aturan Alloh, karna pasti Alloh menyertai kita.

Banyak macam dan ragamnya masalah itu, sebagaimana Alloh jelaskan dalam firmannya:
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan (QS. Al Baqoroh: 155)

Dan sadarkah kita wahai saudaraku, Alloh menguji kita untuk meninggikan kedudukan kita disisi-Nya. Selama kita bersabar dan bertawakal pada-Nya. Sebagaimana firmannya.

الم أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS. Al- Ankabut:1-3)

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (QS. Al Baqoroh: 155)
🌱🌱🌱
Dan apakah yang membuat seorang mukmin bahagia dengan kabar gembira selain mendapatkan ampunan, cinta dan keniakan kedudukan di sisi Alloh?

Ketika Alloh mencintai kita, niscaya Alloh akan menguji kita, ketika kita bersabar dengan ujian tersebut niscaya Alloh akan mengampuni kesalahan-kesalahan kita dan mengangkat derajat kita. Maka inilah jalan kebahagiaan yang menghantarkan paa keselamatan dan kebahagiaan hakiki nan abadi.

Kemudian wahai saudara dan saudariku yang berbahagia, firman Alloh
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya (QS. Ath-Tholaq: 3) merupakan janjinya kepada setiap hamba-hambanya yang bertaqwa bahwa Alloh akan membukakan pintu rizkinya.

Mari sejenak kita renungkan ayat yang mulia ini.

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا

Barang siapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahanam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir, Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalas dengan baik. (QS. Al-Isra: 18-19)
🍂🍃

orang-orang yang bertaqwa adalah mereka yang menghendaki kehidupan akhirat. Mereka bersungguh-sungguh mengejarnya, bahkan tidak jarang mereka mengeluarkan harta bendanya di jalan Alloh, mereka tak takut miskin tapi Alloh memberikan kecukupan dalam hatinya, dan sifat qona’ah ini menupakan anugrah yang Alloh berikan kepada hamba-hambaNya yang bertaqwa, inilah rizki yang agung. Bahkan ALloh jauhkan kegundahan dalam hatinya, terlebih Alloh jamin surga untuknya.
💐🌷🌷

Kemudian dalam kelanjutan firmanNya:
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (QS. Ath-Tholaq: 4)

Ini pun janji Alloh bagi hamba-Nya yang bertaqwa, yakni Dia akan memberikan kemudahan dalam urusan hamba-Nya.
Wahai saudaraku, pintar bukanlah jaminan bagi kita untuk dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat, tapi ilmu diiringi taqwa lah yang akan menghantarkan kemudahan. Inilah janji Alloh.

Bahkan saudaraku yang berbahagia, jaminan lain bagi hamba-Nya yang bertaqwa adalah Alloh mengampuni kesalahan-kesalahan kita. Sebagaimana firman-Nya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا

dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. (QS. Ath-Tholaq: 5)

saudaraku, kita sadari bahwa kita ini makhluk hina, mudah berbuat maksiat dan jarang sekali berbuat ta’at kepada Alloh. Bila kita hitung kesalahan-kesalahan kita, niscaya habis sisa usia kita sebelum selesai menghitung dosa dan kesalahan kita.
Dimulai dari beratnya hati ketika disuruh orang tua, sementara begitu luasnya hati kita ketika bercengkrama dengan teman. Orang tua yang semestinya kita junjung dan hormati, justru malah kalah sanjungan terhadapnya daripada selainnya.
🌾🌾🌾
Kemudian, berapa seringnya kita lirikan pandangan mata kita melihat lawan jenis yang bukan mahrom, campur-baur dengan lawan jenis, berjabat tangan dan berbagai kesalahan lainnya.

Wahai saudaraku, semuanya kelak akan dimintai pertanggung-jawabannya, dihisab dan dibalas dengan balasan yang sempurna. Kita berlindung kepada Alloh dari amalan buruk kita.

Siapakah yang dapat memberikan ampunan dan penghapusan dosa-dosa selain Alloh? Maka jawabnya tidak ada, yang bisa hanya Alloh semata. Disaat kita membutuhkan ampunan dan pertolongan pada hari kiamat, disaat orang-orang terdekat justru menghisab, menuntut keadilan, setiap orang yang dizhalimi akan datang meminta pembalasan dan keadilan. Saat itulah air mata akan kering, bahkan air mata darahpun telah kiring namun tak berguna.

Hanyalah Alloh harapan kita. Maka sebaik-baik bekal adalah takqwa. Takwa adalah jalan kebahagiaan yang hakiki, menghantarkan pada gerbang ridho ilahi.

Wahai saudaraku, berdoalah kepada Alloh, minta diteguhkan hati agar tetap dimudahkan mengamalkan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
Noor: Cabang-cabang taqwa

Cabang taqwa sangatlah banyak, diantaranya:
1.  Bertauhid kepada-Nya.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (QS. Adz-Dzariyyat:56)

2.  Mengikuti dan memuliakan sunnah rosululloh
وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya (QS. Al Hasyr:7)

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. (QS. Al Ahzab:36)
🍁🍁🍂
3.  Menapaki jalannya para sahabat Nabi

وَالسَّابِقُونَ الأوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (QS. At-Taubah:100)

4.  Berbakti pada kedua orang tua
Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua (HR. Al Hakim)

5.  Menjaga sholat tepat waktunya
‘Utsman bin ‘Affan   bertutur, “Aku pernah men-dengar Rosululloh   bersabda:

(( مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلاَةٌ مَكْتُوْبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوْئَهَا وَخُشُوْعَهَا وَرُكُوْعَهَا إِلاَّ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوْبِ مَالَمْ تُؤْتَ كَبِيْرَةٌ، وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ ))

“Tidaklah seorang Muslim datang kepadanya waktu shalat fardhu, lalu ia berwudhu dengan baik dan melakukan shalat dengan khusyu’ dan ruku’ dengan baik, melainkan shalatnya pasti akan menghapus dosa-dosa sebelumnya selama ia tidak mengerjakan dosa besar. Dan itu berlangsung se-panjang masa.” (HR. Muslim)
🌼🌸🌼🌸

6.  Berpuasa, baik wajib maupun sunnah

Orang yang berpuasa dijauhkan wajahnya dari api Neraka.
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ اللَّهُ بِذَلِكَ الْيَوْمِ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh ribu musim." (HR Muslim no. 1948)

Orang yang shaum akan mendapatkan ampunan dosa.
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR Bukhari no. 37)

Orang yang shaum karena Alloh, dan menjaga aturan shaum, maka kelak pada hari kiamat akan memasuki jannah/ surge melalui pintu yang dikhususkan bagi mereka, yang bernama ar-royyan.
وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ
barangsiapa dari kalangan ahlu shiyam (puasa) dia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyan (HR Bukhari no. 1764)
🌹🌷

7.  Menjaga diri dari campur-baur dengan lawan jenis bukan mahrom
Nabi bersabda: barangsiapa beriman kepada Alloh dan hari akhir maka janganlah ia berkholwat dengan wanita tanpa ada mahrom wanita tersebut, karena setan menjadi orang ketiga di antara mereka tersebut. HR. Ahmad

8.  Berpakaian rapi dan menutup aurat
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang (QS. Al ahzab: 59)

9.  Berdakwah
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?" (QS. Fushilat:33)
🍃🌷🌷

10.  Membaca al-Qur’an
Nabi bersabda:
إِقْرَءُوا الْقُرْآنَ, فَإِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَسْحَابِهِ
Bacalah al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi sahabatnya. (HR. Muslim,dalam kitab shohihnya no.804 dari sahabat Abu Umamah al Bahili.)

Membaca al Qur’an merupakan cahaya di bumi dan simpanan di akhirat.
Nabi bersabda:
وَ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَلَ : قُلْتُ: "يَا رَسُوْلَ اللهِ, أَوْصِنِي!" , قَلَ: "عَلَيْكَ بِالتَّقْوَى اللهِ! فَإِنَّمَ رَأْسٌ الْأَمْرِ كُلِّهِ!", قُلْتُ : "يَا رَسُوْلَ اللهِ, زِدْنِي!", قَالَ: عَلَيْكَ بِتِلَاوَةِ القُرْآنِ! فَإِنَّهُ نُوْرٌ لَكَ فِي الْأَرْضِ, وَذُخْرٌ لَّكَ فِي السَّمَاءِ

Dan dari Abu Dzar, Ia berkata: aku bertanya kepada Rosululloh, wahai Rosululloh berilah aku wasiat!,
Beliau bersabda: “bertaqwalah kepada Alloh, karena taqwa adalah inti dari segala amal!”

Aku berkata lagi: “ya Rosululloh, berikanlah tambah lagi wasiatmu!”,

Beliau bersabda: “bacalah al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah cahayamu di bumi, dan simpananmu di langit”. (HR Ibnu Hibban, dalam kitab shohihnya no 361)

Membaca 1 huruf dari al-Qur’an bernilai pahala 10.
Nabi bersabda:
مَنْ قَرَأَ حَرْفاً مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لاَ أَقُوْلُ لَكَ ((آلـم)) حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran, akan mendapatkan satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan akan dilipatkan sepuluh semisalnya. Aku tidak berkata: Alif Laaam Miim, satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf ”. (HR.Tirmidzi 5/458,dari sahabat Abdullah bin Mas’ud, tirmidzi berkata hadits hasan, lihat Shahih Tirmidzi 3/9.)

Maa syaa Alloh 1 huruf bernilai 100 kebaikan, lantas bagaimana bila membacanya sampai khatam, bahkan sampai khatam berkali2, sudah pasti pahala yang di dapati pun akan sangat banyak. Tidak terhingga dan tidak dapat diketahui, kecuali setelah mati.

11.  Menjauhkan diri dari maksiat
Maksiat adalah perusak amal, pengelam hati dan penghalang ampunan dan cinta Alloh, maka mawas diri dari maksiat merupakan sarana meraih keridhoan Alloh.

Dan lain-lain
Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.
Akhukum fiiddin, Abdillah N. Rahmat

••••••••••══✿❀✿❀✿══••••••••••
  TANYA JAWAB KAJIAN ONLINE
       JOMBLO SAMPAI HALAL
••••••••••══✿❀💟❀✿══•••••••••

💟GROUP AKHWAT 6⃣
MODERATOR:Ukh Aria

📝PERTANYAAN:
•••••••✿❀✿❀✿•••••••

1⃣Assalamu'alaikum ustadz, ana ingin bertanya. Jika untuk cabang taqwa ini seperti berbakti kpda kedua ortu. Lalu bagaimana jika pendapat antara keduanya berbeda dan saling mempertahankan keputusan mereka masing masing lalu jalan apa yang harus saya ambil jika di situ ditulis jika keridaan Allah tergantung ortu dan murka ortu begitu juga.  Jika memilih salah satu dan ada yg marah lalu bagaimana apakah itu membuat ana kehilangan ridha orang tua untuk mencapai jalan yg bahagia ustqdz?
Syukron, wassalamu'alaikum.

2⃣Assalamu'alaikum ustdz..
Pertanyaan titipan:

Bagaimana cara menciptakan kebahagiaan dunia akhirat di keluarga kita,  sedangkan di keluarga kita sebut saja salah satu adik kita selalu buat maksiat, kita selalu tak bosan menasehati beliau tapi tatap saja tidak mau berubah.
Apa yg harus kita lakukan ust sebagai kk dan sekaligus sbg org tua nya?
Syukran 🙏🏻

3⃣Assalamualaikum ijin bertanya..  Apa kah ketika kita sering berbuat salah akan menutup jalan kebahagiaan yg telah di janjikan Allah?
4⃣Ustad saya ingin bertanya bgaimana cara agar kita bisa memperoleh kebahagiaan yang hakiki (yg sebenarnya) tetapi didunia kita juga bisa ttap mndapat kbhagiaan dan cara agar bisa bersabar atas semua ujian dari allah swt

Maaf ustad
Sperti apa ciri dari kbhagiaan yang hakiki dunia dan akhirat tersebut

5⃣Ustad ana ingin bertanya apakah hukum nyaa kita chat dgn lawan jenis..  Dan jelaskan bagaimana cara yg harus kta lakukan utk menghindari chatan dri lawan jenis

6⃣Assalamualikum wr. wb
Saya ini bertanya usth. Namun sebelumnya saya ingin menyampaikan terlebih dahulu pengalaman saya. Dulu saya pernah suka salah satu anime. Dan di anime tersebut saya menyukai salah satu couple. Saya sering nonton, update, kepo mengenai anime tersebut. Saya dulu pernah bahkan di tegur ibu karena lalai sholat. Dan akhirnya ending anime tersebut tak sesuai dengan harapan saya. Saya nangis, ngamuk gak jelas dan gak ridho.dan akhirnya saya sudah tidak nonton anime itu lagi karena sakit hati. Yang ingin saya tanyakan apakah iman saya sudah rusak? Jika iya saya minta solusinya. Saya gak mau punya perasaan seperti ini. Cape takut.😭😭😭. Maaf pertanyaanya seperti ini. Terima kasih.😊😊😊

JAWABAN:
••••✿❀✿❀✿••••

1⃣Wa'alaykumussalam.
Ikutilah pilihan orang tua yg memberikan pilihan sesuai dgn syari'at Islam.

Bila kedua orang tua memberikan pilihan yg berbeda, maka ambilah pilihan yg tidak bertentangan dgn ajaran Islam. Dan sampaikan kepada mrk dgn cara yg baik. Usahakan jgn sampai menyakitinya.

In syaa Alloh selama cara penyampaian kita baik, org tua akan mengerti dan tdk akan sakit hati.

Wallohu a'lam

2⃣Wa'alaykumussalam.
Dzat yang menggenggam hati itu Alloh, yg membolak balikan hati dan yg memberikan hidayah itu Alloh. Maka, disamping menasihati dgn cara ma'ruf, dibutuhkan juga doa dan memberikan contoh yg baik.
Wallohu a'lam

3⃣Wa'alaykumussalam, benar sekali.
Maksiat dan dosa hanya menghadirkan resah dan gelisah, maka perbanyaklah taubat dan istighfar.
Wallohu a'lam

4⃣Cara mendapatkan kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat adalah dgn modal taqwa.

Untuk bisa bersabar, maka jiwa kita harus terus dilatih, minta kepada Alloh agar memberikan kesabaran dan terus baca sejarah orang orang Sholeh terdahulu.
Wallohu a'lam

Saat tawadhu dan qona'ah sudah Alloh anugerahkan pd diri.

(Rendah hati dan merasa cukup dgn apa yg telah anugerahkan.)
Sehingga tidak ada perasaan hasad (iri) pada orang lain.

Dan PD saat hati kita sudah merasakan nikmatnya beribadah kepada Allah, dan menjadikan Alloh dan Rosulnya sebagai hal prioritas dlm diri.

Inilah kebahagiaan hakiki di dunia. Kebahagiaan yg tdk akan punah dan meninggikan derajat di sisinya

5⃣Hukumnya secara global adalah haram. Krn chat dgn lawan jenis itu akan mengarah pd zina. Silahkan baca QS. Al Isro ayat 32.

Cara menghindarinya,
Jgn pake foto di DP.
Jgn balas klo ada Ikhwan yg chat. Bila ada yg bersikeras, maka suruhlah langsung menghadap wali anti.

6⃣Wa'alaykumussalam
Iya,
Solusinya, perbanyak istighfar dan taubat., Hindari amalan tersebut, dan sibukan diri dengan amal Sholeh.

•••┈┈•┈┈•⊰✿💟✿⊱•┈┈•┈┈•••

      💟JOMBLO SAMPAI HALAL💟

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Website :

Website Tholabul'ilmi: tholabulilmiindonesia.blogspot.com
Website Josh:
JOSHindonesia.blogspot.com
Website Laskar Subuh:
Laskarsubuhindonesia.blogspot.com
Telegram :
t.me/tholabulilmiWA
facebook FP :
m.facebook.com/TholabulilmiWhatsApp
facebook Group :
m.facebook.com/profile.php?id=183387271707797

Follow IG Tholabul'ilmi WA :
https://www.instagram.com/p/BfweMAflyYR/

▶ Gabung Komunitas Tholabul'ilmi :
Ketik : GabungTI#Nama#Domisili#Status#L/P
Kirim ke:
~ Ukh Nur Shafiyyah :
+886975707348
~ Ukh Anah Athifah :
+6285778166221

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
💟JOMBLO SAMPAI HALAL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF