KIAT-KIAT MENCARI SUAMI

🄱🄸🅂🄼🄸🄻🄻🄰🄷
💜💎🌹 
_________________________

Perkara ini sangat penting sekali dalam membina sebuah rumah tangga yang sholihah, dimana suami itu kelak akan menjadi pemimpinnya dan kesholihan seorang pemimpin itu mempengaruhi rakyatnya.

Disamping seorang wanita itu belajar tentang urusan agamanya seperti sholat , zakat , puasa haji dan lain-lainya hal inipun tidak kalah pentingnya bagi para gadis, dimana sebagian mereka kita dapati keluar dari pondok-pondok tidak tahu apapun bagaimana ilmu dalam rumah tangga. Bahkan sangat disayangkan sebagian mereka tidak bisa memasak dan mengurus keluarganya.

Dan juga sangat disayangkan ada yang dengan bekal ilmu yang dia dapatkan ditempat belajarnya menjadikan dia sombong pada suaminya serta menyusahkannya.

Dan perkara inilah yang kita risaukan pada anak-anak kita dikala pendidikan sudah tidak memperhatikan perkara-perkara ini, serta meningkatnya angka perceraian dikalangan anak-anak kaum muslimin yang disebabkan karena suami yang dholim atau karena sang istri yang tidak pandai dan cakap dalam mengurus rumah suaminya .

Maka hendaklah dia bertanya tentang keadaan seorang pria yang meminangnya cocok baginya dari sisi :

1⃣ Sisi Agama
Untuk menjaga istri dan keluarga dari bahaya dosa dan terjatuhnya pada kemaksiatan dan mengetahui tanggung jawab moral dan material secara syar’i .
Disebutkan dari salah seorang ulama :
“Tanyakan dulu kecantikannya baru agamanya ,jika engkau tanyakan agamanya lalu kecantikannya kemudian kau tolak maka engkau telah menolak agamanya“.
Demikian juga seorang wanita juga demikian dalam berprinsip dalam memilih pasangannya.

2⃣ Sisi Akhlaq
Agar seorang istri mendapat perlakuan yang baik dari suami dan bisa mengambil faedah darinya serta dapat mendidik anak-anaknya dengan kemuliaan akhlaq .

3⃣ Sisi Pendidikan
Untuk menopang perkembangan ilmu pada keluarga karena tentu beda antara orang yang berpendidikan dan orang yang bodoh .

4⃣ Sisi Lingkungan
Hendaknya dari masyarakat yang baik, dimana lingkungan itu mempengarui prilaku dan watak seseorang bahkan membentuk tabi’at seseorang , seseorang akan tumbuh baik apabila lingkungannya baik dan begitu pula sebaliknya .

5⃣ Sisi Ekonomi
Penting untuk menjaga keluarga dari perbuatan yang tidak terpuji yaitu meminta-minta pada manusia .
Adapun yang kita sebutkan ini adalah dari Bab Afdholiyah saja apabila terkumpul semua maka itu adalah keutamaan kalau tidak maka cari yang terpokok yaitu AGAMA sebagaimana petunjuk nabi kita

فاظفر بذات الدين ، تربت يداك ‘ . “
“ pilihlah yang memiliki agama (kalau tidak) akan merepotkan kedua tanganmu “.

Dan tentunya tidak terlupakan memilih seorang laki-laki yang sudah memiliki kedewasaan dan kematangan fikiran yang dengannya dia mampu memikul beban tanggung jawab rumah tangganya.

Dan tidak boleh terlupakan tentunya seorang wanita yang menginginkan itu semua untuk segera berbenah dan memperbaiki diri jangan hanya menginginkan suami yang baik sementara dia melalaikan diri dari keadaannya.

Janganlah kalian berharap suami seperti nabi kalau kalian tidak mampu seperti Ummahatul Mukminin. Wanita yang menginginkan suami saperti nabi tetapi tidak memperhatikan kebaikan diri akan binasa bagaikan istri Nabi Ayyub yang berkhianat kepada suaminya tatkala kurang sabar.

Kalau seorang perempuan menginginkan pendamping yang bisa melindungi dan membelanya maka diapun harus menjadi istri yang baik dan setia pada suaminya bagaimanapun keadaannya mengetahui hak-haknya dalam keluarga .
Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF