Urgensi Memilih Halal dan Haram

🔰 Rekap Kajian On Line Tholabul 'Ilmi 🔰

Oleh    : Ustadzah Dr. Mutia
Hari    : Kamis, 27 Juli 2017
Live dari : Group TI 10
Tema  : Urgensi Memilih Halal dan Haram
Notulen : Ukhty Donna

#################
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Bismillahirrahmanirrahiim..

Makanan yang halal ialah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syari’at Islam. segala sesuatu baik berupa tumbuhan, buah-buahan ataupun binatang pada dasarnya adalah halal dimakan, kecuali apabila ada nash Al-Quran atau Al-Hadits yang mengharamkannya. Ada kemungkinan sesuatu itu menjadi haram karena memberi mengandung mudharat atau bahaya bagi kehidupan manusia.

Firman Allah Yang Artinya:
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah [2]: 168).

Makanan Muslim hendaknya memenuhi 2 syarat, yaitu:
a. Halal, artinya diperbolehkan untk dimakan dan tidak dilarang oleh hukum syara’
b. Baik, artinya makanan itu bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam Islam, halalnya suatu makanan harus meliputi tiga hal, yaitu:
a. Halal karena dzatnya. Artinya, benda itu memang tidak dilarang oleh hukum syara’, seperti nasi, susu, telor, dan lain-lain.
b. Halal cara mendapatkannya. Artinya sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Sesuatu yang halal tetapi cara medapatkannya tidak sesuatu dengan hukum syara’ maka menjadi haramlah ia. Sebagaimana, mencuri, menipu, dan lain-lain.
c. Halal karena proses atau cara pengolahannya. Artinya selain sesuatu yang halal itu harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi, jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram.

Ketentuan-ketentuan makanan yang halal dan yang haram telah dijelaskan oleh Rasulullah melalui sabdanya, yang artinya:

Rasulullah SAW ditanya tentang minyak sanin, keju dan kulit binatang yang dipergunakan untuk perhiasan atau tempat duduk. Rasulullah SAW bersabda: Apa yang dihalalkan oleh Allah dalam Kitab-Nya adalah halal dan apa yang diharamkan Allah di dalam Kitab-Nya adalah haram, dan apa yang didiamkan (tidak diterangkan), maka barang itu termasuk yang dimaafkan”. (HR. Ibnu Majah dan Turmudzi).

Firman Allah Yang Artinya:

(yaitu) orang-orang yang mengikut rasul, nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka Itulah orang-orang yang beruntung. (QS. Al-A’raf [7]: 157)

Berdasarkan firman Allah dan hadits Nabi SAW, dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis makanan yang halal ialah:
✅Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
✅Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
✅Semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah

Makanan Halal

Contohnya:
1. Bergizi dan tidak mengandung racun yang menyebabkan penyakit
2. Bermanfaat bagi tubuh untuk pertumbuhan
3. Tidak disatukan dan tidak tercampuri barang haram
4. Tidak memabukkan
5. Diperoleh dengan cara yang halal

MINUMAN YANG HALAL

Minuman yang halal ialah minuman yang boleh diminum menurut syari’at Islam. Adapun
minuman yang halal pada garis besarnya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia baik
membahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa maupun aqidah.

2. Air atau cairan yang tidak memabukkan walaupun sebelumnya telah memabukkan
seperti arak yang telah berubah menjadi cuka.

3. Air atau cairan itu bukan berupa benda najis atau benda suci yang terkena najis
(mutanajis).

4. Air atau cairan yang suci itu didapatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak
bertentangan dengan ajaran Agama Islam.

Minuman yang halal

Contohnya:
1.Tidak kotor dan tidak najis
2.Tidak membuat mabuk
3.Tidak merusak tubuh
4. Mengandung manfaat bagi tubuh
5.Diperoleh dengan cara yang halal

Manfaat menkonsumsi makanan dan minuman yang halal

Seseorang yang sudah terbiasa mengonsmsi makanan dan minuman yang halal, maka dirinya akan memperoleh manfaat, di antaranya adalah:

a. Terjaga kesehatnnya sehingga dapat mempertahankan hidupnya sampai dengan batas yang ditetapkan Allah Swt .

b. Mendapat ridha Allah Swt karena memilih jenis makanan dan minuman yang halal

c. Memiliki akhlaqul karimah karena telah menaati perintah Allah Swt sekaligus terhindar dari akhlak madzmumah (tercela)

Manfaat Makan dan Minum yang Halal:

1.Menjaga kesehatan secara fisik
2.Meningkatkan kekebalan tubuh
3. Lebih khusuk dalam beribadah
4.Terhidar dari Azab Allah SWT.

Makanan yang Haram

a  Haram artinya dilarang, jadi makanan yang haram adalahg makanan yang dilarang oleh syara’untuk dimakan. Setiap makanan yang dilarang oleh syara’ pasti ada bahayanya dan meninggalkan yang dilarang syara’ pasti ada faidahnya dan mendapat pahala. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang termasuk diharamkan:

1   Semua makanan yang disebutkan dalam firman Allah surat Al-Maidah ayat 3 dan Al- An’am ayat 145 : 
      Artinya:
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. (QS. Al- Maidah [5]: 3)

       Artinya:
Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi MahaPenyayang. (QS. Al-An’am [6]: 145)

    Dari dua ayat diatas, terdapat beberapa jenis barang yang terang-terang diharamkan, yaitu: Bangkai (kecuali bangkai ikan dan belalang), darah (kecuali hati dan limpa), daging hewan yang disembelih ata nama selain Allah Swt), binatang yang mati tercekik, terpukul, terjatuh, karena ditanduk binatang lain, diterkam oleh binatang buas, dan yang disembelih untuk berhala.

2.  Semua makanan yang keji, yaitu yang kotor, menjijikan.

Firman Allah:

(yaitu) orang-orang yang mengikut rasul, nabi yang ummi yang (namanya) merekadapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruhmereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka[574]. Maka orang-orang yang beriman kepadanya.memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka Itulah orang-orang yang beruntung. (QS. Al-A’raf [7]: 157)

3.    Semua jenis makanan yang dapat mendatangkan mudharat terhadap jiwa, raga, akal, moral dan aqidah.
Dalam firman Allah yang Artinya:
  
Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi (akibatnya), dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar. (QS. Al-A’raf [7]: 33).

4.   Bagian berupa daging. Tulang atau apa saja yang dipotong dari binatang yang masih hidup.     
Sabda Nabi Saw, artinya:
“Daging yang dipotong dari binatang yang masih hidup, maka yang terpotong itu termasuk bangkai”. (HR. Ahmad)

5.   Makanan yang didapat dengan cara yang tidak halal seperti makanan hasil curian,rampasan, korupsi, riba dan cara-cara lain yang dilarang agama.

Minuman yang Haram

Minuman yang haram adalah minuman yang tidak boleh diminum karena dilarang oleh syariat Islam. Adapun jenis minuman yang haram tersebut pada garis besarnya dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

1. Semua minuman yang memabukkan atau apabila diminum menimbulkan mudharat
dan merusak badan, akal, jiwa, moral dan aqidah seperti arak, khamar, dan sejenisnya.

Allah berfirman yang Artinya:

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya. (QS. Al-Baqarah [2]: 219)

Dalam ayat lain Allah berfirman yang Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al-Maidah[5] : 90)

Nabi SAW bersabda, artinya:

1. Sesuatu yang memabukkan dalam keadaan banyak, maka dalam keadaan sedikit juga tetap haram. (HR An-Nasa’i, Abu Dawud dan Turmudzi).

2. Minuman dari benda najis atau benda yang terkena najis.

3. Minuman yang didapatkan dengan cara-cara yang tidak halal atau yang bertentangan dengan ajaran Islam. Selain dari makanan dan minuman yang halal dan yang haram ada pula makanan dan minuman yang dimakruhkan, artinya sebaiknya tidak dimakan dan tidak diminum karena lebih banya mengandung madharatnya dari pada manfaatnya. Contoh, petai, jengkol, bawang.
Sementara itu untuk rokok, terdapat kontroversi, ada yang menyatakan haram dan ada pula yang menghukuminya makruh.

Minuman yang Haram

Contohnya :
1. Minuman yang memabukkan, baik banyak atau sedikit
2. Air yang terkena najis, misalnya air liur anjing
3. Air najis, misalnya air kencing
4. Air yang mengandung racun
5.Air susu dari binatang haram

AKIBAT BURUK DARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARAM

Apabila manusia memakan makanan dan meminum minuman yang haram maka akan menimbulkan akibat buruk baik manusia itu sendiri baik terhadap pribadinya
maupun terhadap orang lain atau masyarakat bahkan terhadap lingkungannya. Di
antara akibat buruk dari makanan dan miuman yang haram adalah:

1. Amal ibadahya tidak akan diterima dan doanya tidak akan dikabulkan Allah Swt.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

Dari Abu Hurairah R.a. ia berkata:
“Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya Allah Saw adalah Dzat Yang Maha Baik, tidak mau menerima kecuali yang baik dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan orang-orang mukmin sesuai dengan yang diperintahkan kepada para Rasul."

Allah Ta’ala berfirman:
Hai Para Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih

2. Makanan dan minuman haram bisa merusak jiwa (terutama minuman keras yang
mengandung alkohol), seperti:
a. Kecerdasan menurun
b. Cenderung lupa dan melakukan hal-hal yang negatif
c. Senang menyendiri dan melamun
d. Semangat kerja berkurangn

3.Makan dan minuman yang haram dapat membahayakan kesehatan

4. Makanan dan minuman yang haram memubajirkan harta

5.Menimbulkan permusuhan dan kebencian

6.Menghalangi mengingat Allah

Allah berfirman yang Artinya:
Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu(dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. Al-Maidah[5] : 91)

Di Indonesia sudah ada Majlis Ulama Indonesia yang memiliki Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan (LPOM). Tugas dari LPOM adalah mengkaji dan mengawasi makanan dan minuman yang beredar di indonesia, apakah telah memenuhi syarat atau tidak. Sehingga Umat Islam akan mendapat ketenangan dalam menginsumsi makanan dan minuman.

Mudarat Makan dan Minum yang Haram

1. Merusak organ dalam tubuh
2. Merusak jiwa dan mental seseorang
3. Menimbulkan kerakusan dan ketamakan
4.Mendapat azab dari Allah SWT

TANYA JAWAB THOLABUL 'ILMI AKHWAT T10
■□■□■□■□■□■□■□■

🔰 PERTANYAAN:

1⃣ Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh  bu Ustadzah
Bu,  ttg bubuk whey Apakah aman dikonsumsi Karn dwi lihat Bbrp /byk snack mengandung bubuk whey ini,  termasuk jg susu kenal manis..
Dan Apakah Bener floride yg jika dicampur dlm minuman kenalan itu tdk baik Walaupun Ada dosisnya,  Karena dulu Pernah heboh salah satu produk air mineral mengandung floride...

2⃣ Assalamu'alaikum
Ana ingin bertanya
Maaf kalau pertanyaannya panjang dan lebar.
Jika memang benar di Indonesia
Banyak makanan,obat atau barang lainnya yang mengandung babi/ zat haram lainnya
Kenapa pihak MUI masih mengizinkan barang itu masuk ke indonesia
Kenapa tidak di seleksi/ diTES terlebih dahulu
Dan siapakah yang bertanggung jawab atas semuanya ?
Dan sampai sekarang knp MUI tidak melakukan tindakan PENCEGAHAN.?
Dan siapakah yang berdosa?
Apakah MUI / kita sebagai Rakyat Indonesia yg sudah mempercayakan masalah  Halal atau tidak nya suatu produk kepada MUI
Mohon maaf kalau pertanyaannya panjang kak...?
Mohon jawabannya ustadzah..
Mohon penjelasannya juga ustadzah
Terimakasih

3⃣ Afwan ana ingin bertanya, syaa mendengar bahwa trnyata banyak skali obat obatan yg mengandung b*bi makanya mui ga kasi sertifikasi halal. Menyikapi itu bagaimana yaa ? Apalagi kalo ke dokter ato apotik yg pasti dikasih obat tapi gatau halal apa tidak. Syukron

4⃣ Bu ustadzah jika makanan yang kita makan saat memakannya tdk menyebut nama allah maka itu menjadikan makanannya syaitan. Menjadi bagaimanakah hukumnya? Dan bagaimana jika kita lupa tdk membca do'a? Contohnya saat ngemil kadang org lupa membaca do'a. Apakah makanan itu ttp halal atau jadi tdk bermanfaat? Syukron

5⃣ Ana ingin bertanya lagi ustadzah
Bukankah Rokok itu Haram
Dan Tidak ada Manfaatnya bagi Kita.
Tapi Kenapa Kementrian Agama/MUI tidak menutup saja pabriknya
Dan memberikan Lapangan pekerjaan yang lain untuk Rakyat Indonesia

6⃣ Pertanyaan titip ustadzah

klau makanan yang di beri oleh orang... yang kita tidak tahu bagaimana ia mendapatkannya halal atau haram itu bagaimana ustadzah?

sedangkan kita tahu zat nya halal serta halal cara pengolahannya...
contoh: saya di beri tetangga roti ataupun snack yang sudah ada label halal dari mui... tpi kita tidak tahu bagaimana cara ia mendapatkannya?

7⃣ Klo vaksin sendiri gimana hkumnya, kya vaksin bayi atau utk jmaah haji juga, kn katanya kbnyakn vaksin mngandung babi?

🔰JAWABAN:

1⃣ ✅Ditinjau dari titik kritis kehalalannya, Whey yang dapat bersumber dari pembuatan keju atau mentega, yaitu penggunaan enzim (renet, pepsin) dalam pembuatan keju. Sedangkan pada limbah mentega kemungkinan penggunaan gelatin yang ditambahkan untuk pengatur tekstur dan kelembutan.
Jenis Whey ada beberapa macam tergantung pada jenis asam atau enzim yang digunakan dalam pembuatan keju. Whey manis berasal dari limbah keju yang menggunakan enzim sebagai metode koagulasinya, sedangkan Whey asam diperoleh dari metode koagulasi yang menggunakan asam dan yang terakhir adalah jenis Whey teknis yang menggunakan asam selain asam laktat seperti HCl dan asam sulfat.
Dengan demikian jelas sudah mengapa bahan tambahan tersebut perlu dicurigai. Apalagi jika bahan tersebut berasal dari Eropa atau Amerika. Karena penggunaan enzim campuran (rennet dan pepsin, bersumber dari babi.

✅Mengatakan bahwa fluoride berbahaya tidak sepenuhnya salah. Pada dosis yang besar, fluoride bisa membahayakan kesehatan, namun pada dosis yang kecil fluoride justru bermanfaat bagi kita. Fluoride ditambahkan pada air kemasan atau pasta gigi dikarenakan zat ini bisa mencegah timbulnya karang gigi dan gigi yang berlubang. Fluoride juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Penambahan fluoride merupakan salah satu cara paling efektif dan murah untuk mencegah karies gigi

2⃣ وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
Banyak bahan makanan yg tidak terfilter oleh MUI,
kmren ada bbrp susu bayi yg berlabel halal MUI tp setelah dicek ternyata tidak terdaftar di MUI..
artinya banyak produsen yg berusaha mengelabui konsumen dg memalsukan logo halal..
MUI hanya berwenang untuk memberi sertifikasi halal..
Sementara untuk peredaran produk dimasyarakat itu adalah kewenangan pemerintah..

3⃣ Ini salah satu dilema kt para tenaga kesehatan jg y..
Ana sering sharing ttg masalah ini sm ustadz undang,msh galau smp skr🙈
Makanya nabi itu slalu menganjurkan kt untuk berobat dg menghunakan bahan2 alami terlebih dahulu,  klo tdk bs dg bhn alami gunakan herbal,  klo tidak adalternatif lain dan penyakit tsb sangat urgent baru beralih k pengobatan medis.
wallahu'allam

Tambahan ustadh mutia bisa dengan food therapy untuk penyakit2 tertentu

4⃣ Di dalam agama Islam sudah dijelaskan banyak sekali alasan mengapa kita harus mambaca doa sebelum makan. seperti yang telah diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bersabda bahwa jikalau salah satu diantara kalian akan makan atau minum, maka sebut nama Allah saat sebelum memulai makan tersebut. namun jika kalian lupa, maka kalian dapat mengucap basmalah saat awal ataupun akhir makan dan minum.

Ternyata seruan-seruan untuk berdoa sebelum makanan dan minum diatas , setelah dilakukan berbagai macam penelitian secara ilmiah, sekarang ini sedikit demi sedikit terungkap bahwa sebenarnya doa tersebut sangat bermanfaat bagi umat manusia. terutama dalam hal kesehatan.

Salah satu penelitian ilmiah pernah dilakukan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Jepang, beliau bernama Dr Masaru Emoto. Penenlitian mengenai manfaat doa sebelum makanan dan minum tersebut sekarang telah dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah yang berjudul “The Hidden Message in Water”. Dimana buku ini menjelaskan bahwa setiap minuman atau makanan yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami perubahan molekul secara lebih baik. Nah susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. bahkan beliau juga mengungkapkan bahwa makanan dan minuman yang baik (telah dibacakan doa), akan mempengaruhi perilaku orang agar menjadi baik pula.

5⃣ Karna menutup pabrik rokok itu bukan kewenangan dr kementrian agama ataupun MUI..
Melainkan kebijakan Pemerintah..
Salah satu alasan mengapa pabrik rokok tidak bs ditutup oleh pemerintah adalah karna sebagian besar pendapatan pajak negara itu berasal dr pabrik rokok..
Jika pabrik rokok ditutup maka otomatis pendapatan negara jg akan menurun drastis yg ajan berdampak k perekonomian rakyat..
begitu kta mereka

6⃣ Selagi diberikan dg ridho dan kt yg menerimapun ridho insyaAllah tidak apa2..
Untuk masalah cara mrka mendapatkannya halal atau haram itu urusan mereka dg Allah..
Wallahu'alam

7⃣ Ini salah satu jenih vaksin polio..
Dimana katalisatornya menggunakan zat yg mengandung babi

      🔰We Are Tholabul'ilmi🔰

🔰🔰🔰
- Facebook : Tholabul'ilmi Group
-  Instagram : Tholabulilmi_ig
- www.tholabulilmi.org
- Fp Tholabul'ilmi Fanpage
- tumblr tholabulilmiwa
- Telegram @kajiantholabulilmi

▶▶▶
Gabung Yuk
Caranya Ketik :
👉Nama#L/P#Domisili#no.WA
Kirim ke :

[WhatsApp]
@dmin TI
081355111241
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2

TA'ARUF