Menuntut Ilmu

Dikutip dari Grup Whatsapp ODOJ 580.

“ Menuntut ilmu adalah Taqwa.. Menyampaikan ilmu ialah ibadah .. Mengulang -ulang ilmu adalah zikir… Mencari ilmu adalah jihad..” (Imam Al Ghazali) . .
Menuntut ilmu agama adalah kewajiban setiap Muslim
عن أنس بن مالك , قال : قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم : طلب العلم فريضة على كلّ مسلم .
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” [Shahih : Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah rahimahullah didalam Sunan nya, hadits no 223. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani] .
Orang belajar dan mengajar ilmu dengan ikhlas seperti orang berjihad dijalan Allah.
.
عن أبي هريرة قال : سمعت رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يقول : ” من جاء مسجدي هذا ,لم يأته إلاّ لخير يتعلّمه أو يعلّمه , فهو بـمنـزلة الـمجاهد في سبيل الله , ومن جاء لغير ذلك , فهو بـمنـزلة الرّجل ينظر إلى متاع غيره ” .
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dia berkata : “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang datang ke masjid ku ini yang tidak lain kecuali hanya untuk kebaikan yang ingin dia pelajari atau yang ingin dia ajarkan. Maka kedudukan nya sama dengan seorang berjihad dijalan Allah. Dan barangsiapa datang dengan niat selain itu, maka kedudukan nya sama dengan seseorang yang hanya dapat memandang harta orang lain saja.” Bismillah.. Pernahkan kalian terkagum2 dengan tekhnologi saat ini?? Bisa menghubungkan jarak. Video call. Gps . Dsb.
.
Itu hanya sedikit kecil dari pengetahuan (ilmu) yg tiada batasnya.. .
Untuk itu mengapa manusia di wajibkan menuntut ilmu.. .
Manusia menjadi sangat mulia dan makhluk sempurna di karnakan ilmunya (memiliki akal)
.
Bahkan dengan ilmu .. Allah meninggikan derajat kita.. memberikan petunjuk ke Jalan yg di Ridhainya. .
Semakin kita menuntut ilmu semakin banyak yang kita tidak tahu dan pahami.. maka itu sang khaliq mewajibkan makhluknya menuntut ilmu hingga liang lahat.
.
Have a nice day para mujahid ilmu.
Sweet regard, kontribusi oleh: @sajidah28
#ilmu #knowledge #sharing #nawa #berbagi #ibadah #jihad.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

TA'ARUF

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2