Ilmu akan menyelesaikan persoalan hidup

Dikutip dari Grup Whatsapp Griya COMPPAS 6.

Ilmu Akan Menyelesaikan Persoalan Hidup

#RefreshYourMind With #GaulFresh

Masih banyak yang memahami bahwa menuntut ilmu itu hanya ilmu-ilmu dunia saja. Ada lagi yang memahami bahwa menuntut ilmu itu hanya ilmu akhirat saja. Padahal sejatinya sebagai umat Islam, kita harus menuntut ilmu itu harus seimbang antara ilmu dunia dan akhirat. Jadi tidak berat sebelah, adil, seimbang. Jadi kita perlu menuntut ilmu dunia dan akhirat, dan tidak boleh pilih-pilih. Jika kita ingin sukses dunia dan akhirat itu juga dengan ilmu. Jadi menuntut ilmu adalah sauatu yang penting bahkan sebagai umat Islam, menuntut ilmu itu hukumnya wajib dari lahir sampai ke liang lahat.

Ingat! Kunci Sukses itu pada Ilmu, bukan pada tindakan. Tindakan atau perbuatan tidak akan berarti tanpa dilandasi ilmu yang benar. Bertindaklah, tapi disertai dengan ilmunya. Imam Bukhari berkata bahwa, “Ilmu itu mendahului perkataan dan perbuatan”.
Masih banyak dari kita memahami bahwa menuntut ilmu agama atau ngaji atau kajian Islam itu hanya berkaitan dengan ibadah mahdhoh saja. Padahal Islam lebih dari itu, sebagai agama yang universal dan agama yang sempurna. Kitab Al – Qur’an sendiri itu adalah sebagai pedoman hidup bagi manusia yang ingin selamat di dunia maupun di akhirat. Allah SWT berfirman dalam Al quran surah An Nahl ayat 89, “Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.”.

So, sudah jelaskan? Bahwa Al quran diturunkan itu sebagai penjelas segala sesuatu? Diturunkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi manusia? Dan sebagai rahmat serta kabar gembira kepada orang-orang Muslim? Jadi, Al Quran itu bukan hanya sekedar di baca namun juga dipahami, diamalkan dan juga diterapkan. Tentunya sebagai pedoman hidup, Al Quran sudah mempunyai jawaban atas semua persoalan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Ilmu akan menyelesaikan persoalan hidup, ya tentunya? Jika kita benar-benar serius dalam menuntut ilmu dan pastinya juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua persoalan manusia di dunia ini semua sudah ada jawabannya di Al Quran dan As Sunnah. Mulai permasalahan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Mulai dari masuk kamar mandi sampai ke pemerintahan. Semuanya lengkap dibahas di dalam Al Quran dan As Sunnah. So,

Tentu kita juga sudah paham, bahwa menuntut ilmu bagi umat Islam adalah fardhu ain bukan wajib kifayah lagi. “Menuntut ilmu wajib bagi setiap kaum Muslim” HR. Ibnu Majah. Jadi menuntut ilmu wajib baik laki-laki atau perempuan, muda atau tua, anak keci atau dewasa selama masih berstatus agama Islam. Mari kita berdoa semoga kita tetap di istiqomahkan dalam menuntut ilmu dan kita bisa mengamalkan serta menerapkan ilmu yang telah kita pelajari tersebut. Aamiin  ~ Wallahu a’lam bish-shawab.

By: Miftah Saiful ‘Arifin (Kontributor Gaul Fresh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

TA'ARUF

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2