Hidayah Allah Lewat Tanganmu Lebih Baik Dari Unta Merah

🔰 Rekap Kajian On Line Tholabul 'Ilmi 🔰

Oleh    : Ustadzah Malik
Hari    : Senin, 11 September 2017
Live dari : Group TI 11
Tema  : Hidayah Allah Lewat Tangan mu Lebih Baik Dari Unta Merah
Notulen : Ukhty Donna

#################
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Bismillahirrahmanirrahiim..

🌿☘🌿☘🌿☘🌿☘🌿

Akhowatifillah rohimakumullah

🙅Dalam pergerakan Islam, aset utamanya bukan harta, gedung-gedung yang dimiliki, ataupun pos-pos jabatan strategis yang telah diraihnya. Yang menjadi aset utama gerakan (rashidul harakah) adalah kader. Satu orang kader tidak dapat dibandingkan dengan sekian milyar dana, karena menyadarkan seseorang hingga mendapatkan hidayah adalah pekerjaan amat besar yang tidak bisa ditukar dengan materi seberapapun. 

😍Rasulullah SAW sendiri telah memberikan kabar betapa besarnya “nilai” hidayah, hingga satu orang saja yang berhasil didakwahi, itu lebih baik dari unta merah. Seperti telah kita ketahui bahwa Unta merah adalah harta yang paling dibanggakan bangsa Arab saat itu,tidak ada yang lebih berharga dari itu (Muhammad ‘Allan, I/336).

🗣Baginda Rasulullah SAW juga bersabda (yang artinya), “Siapa saja yang menunjukki orang lain pada kebaikan, bagi dirinya pahala yang serupa dengan orang yang melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim).

📚Oleh sebagian ulama, hadits-hadits ini dijadikan dalil atas keutamaan berdakwah atau menyampaikan hidayah Islam kepada manusia. Hadits ini juga menunjukkan arti pentingnya mengamalkan atau menyebarluaskan ilmu. Bahkan ilmu yang diamalkan atau disebarluaskan merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir kepada pelakunya meski ia telah wafat. Hal ini sebagaimana sabda Baginda Nabi SAW (yang artinya), “Saat anak Adam meninggal, terputus segala (pahala) amalnya, kecuali tiga: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang selalu mendoakan dirinya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

🗣Dari Sahl bin Sa’ad, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda saat perang Khoibar,

📖 “Sungguh akan diberikan bendera (yang biasa dibawa oleh pemimpin pasukan, -pen) besok pada orang yang akan didatangkan kemenangan melalui tangannya di mana ia mencintai Allah dan Rasul-Nya, lalu Allah dan Rasul-Nya pun mencintai dirinya.” Lalu kemudian para sahabat bermalam dan mendiskusikan siapakah di antara mereka yang nanti akan diberi bendera tersebut. Tiba waktu pagi, mereka semua berharap-harap bisa mendapatkan bendera itu. Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam malah bertanya, “Di mana ‘Ali?” Ada yang menjawab bahwa ‘Ali sedang sakit mata. (Lalu ‘Ali dibawa ke hadapan Nabi, -pen), lantas beliau mengusap kedua matanya dan mendo’akan kebaikan untuknya. Lantas ia pun sembuh seakan-akan tidak pernah sakit sebelumnya. Lantas bendera tersebut diberikan kepada ‘Ali dan ia berkata, “Aku akan memerangi mereka hingga mereka bisa seperti kita.”

🗣Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jalanlah perlahan-lahan ke depan hingga kalian sampai di tengah-tengah mereka. Kemudian dakwahilah mereka pada Islam dan kabari mereka tentang perkara-perkara yang wajib. Demi Allah, sungguh jika Allah memberi hidayah pada seseorang lewat perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah.” (HR. Bukhari no. 3009 dan Muslim no. 2407).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

1- Dalam riwayat lain disebutkan bahwa ‘Ali bin Abi Tholib tidak mengikuti awal peperangan Khoibar.

2- Keutamaan ‘Ali bin Abi Tholib karena ia disebut sebagai orang yang mencintai Allah Swt dan Rasul-Nya, begitu pula Allah Swt dan Rasul-Nya mencintainya. Hadits ini sekaligus sanggahan bagi kalangan Khawarij yang mendeskreditkan ‘Ali radhiyallahu ‘anhu.

3- Allah Swt memiliki sifat mahabbah atau cinta

4- ‘Ali memiliki kesempurnaan dalam ittiba’ atau mengikuti petunjuk Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam sehingga Allah Swt mencintainya.

5- Mencintai ‘Ali adalah tanda keimanan. Membenci ‘Ali adalah tanda kemunafikan.

6- Allah Swt akan mendatangkan kemenangan melalui tangan ‘Ali. Ini pun terbukti dan menjadi bukti akan benarnya kenabian Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam.

7- Para sahabat sangat bersemangat melakukan kebaikan. Sebagai tandanya, mereka selalu berdiskusi dalam hal-hal baik. Hal ini menunjukkan tingginya ilmu dan iman mereka.

8- Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menanyakan ‘Ali dan ini menandakan selayaknya pemimpin menanyakan mengenai keadaan rakyatnya yang tidak bisa hadir.

9- Setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusap dan mendo’akan kebaikan pada ‘Ali, maka ia tidak pernah merasakan sakit mata dan tidak pula merasakan lemahnya penglihatan sama sekali.

10- Wajib beriman kepada takdir karena orang yang tidak berusaha, malah mendapatkan bendera. Sedangkan yang telah berharap dari awal malah tidak mendapatkannya.

11- Hadits ini mengajarkan untuk tawakkal, menyandarkan hati pada Allah Swt dan bukan pada sebab. Namun yang namanya tawakkal tetap dengan melakukan usaha. Dan melakukan usaha tidaklah menafikan tawakkal.

12- Adab ketika berperang yaitu jangan sampai suara yang menggelisahkan itu terdengar.

13- Hadits ini menunjukkan bahwa dakwah yang pertama dan utama adalah mendakwahkan tauhid dan anti syirik.

14- Yang dimaksud dakwah kepada syahadat laa ilaha illallah adalah dakwah untuk memurnikan ibadah untuk Allah Swt dan menjauhi kesyirikan.

15- Berperang atau menyerang musuh dilakukan setelah sebelumnya didakwahi.

16- Setelah menerima Islam yaitu tauhid, maka mulai beralih pada ajakan untuk shalat, puasa,zakat dan haji.

17- Keutamaan dakwah ilallah.

18- Keutamaan seseorang yang di mana Allah Swt memberi hidayah pada orang lain melalui perantaraannya, yaitu ia akan mendapat unta merah. Bahkan ia mendapatkan lebih dari unta merah yang menjadi harta berharga bagi orangArab. Penyebutan unta merah hanyalah untuk pendekatan pemahaman. Namun tetaplah kebahagiaan akhirat lebih daripada balasan dunia.

19- Boleh bersumpah dalam fatwa karena dalam hadits ini disebutkan, “Demi Allah, sungguh jika Allah memberi hidayah pada seseorang lewat perantaraanmu …”.

📝 Sehingga dapat disimpulkan makna dari hadits tersebut diatas, diantaranya:

1. Hidayah Allah Swt itu tidak datang sendirinya kepada hamba-Nya. Meski Hidayah itu pasti datangnya dari Allah Swt, tapi kontribusi kita dalam menyeru mengajak saudara kita menuju kebaikan dan menjadi jalan hidayah baginya adalah sebuah hal yang istimewa dihadapan Allah Swt. 

2. Hadits diatas juga bermakna pentingnya dakwah. Saling menyeru kepada kebaikan dan bersama-sama dijalan Allah Swt, serta adanya generasi-generasi yang akan ikut serta dalam indahnya dakwah. Bagaimanalah jika generasi dakwah terputus hanya sampai sahabat-sahabat Nabi saja? Mungkin hidayah tidak akan sampai pada kita sekarang. Begitulah Allah Swt mengatur itu semua. Kekuatan dakwah ini tentunya berkat campur tangan Allah Swt, dan bahkan dengan izin-Nya. Maka patutlah kita sebagai generasi penerus dakwah ini, bersyukur atas kesempatan berada dalam jalan dakwah ini. 

3. Kebaikan berdakwah adalah lebih baik dari unta merah, yang kala itu adalah harta tertinggi nilainya. Kata ‘lebih baik’ itu adalah janji Allah kepada Nabi dan hamba-hamba-Nya yang benar-benar melakukan tugas dakwah. 

4. Tentunya pahala dakwah adalah pahala yang terbaik yang akan diberikan Allah Swt kepada seorang kader dakwah. 

5. Hadits ini pun berarti, seorang kader dakwah seharusnya senantiasa bersemangat, dan aktif dalam menyeru kepada kebaikan, tidak berhenti dan bermalas-malasan dalam hal berdakwah. 

6. Dakwah itu adalah tugas setiap pribadi muslim. Dan dakwah adalah mengantarkan pada jaringan social yang luas. Dakwah tidak sempit, tapi dakwah adalah sebuah agenda besar semua muslim di dunia yang saling menyatukan tujuan dalam mencari keridhaan Allah Swt. Sehingga dakwah tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan harus saling bekerjasma, berjalan beriringan dan saling mengkokogkan bangunan dakwah satu sama lain, sehingga islam menjadi kokoh dan kuat. 

7. Para kader dakwah adalah asset penting, yang dapat senantiasa menyebarkan hidayah Allah Swt. Bukankah kita ingin banyak saudara jika hendak ke syurga kelak? Nabi Adam as saja, tak betah di syurga jika hanya sendirian saja. Dan tentunya kita pun tak ingin jika kita, saudara-saudara kita termasuk kedalam golongan penghuni neraka menemani syetan terkutuk, naudzubillah. 

👥 Majelis yang berbahagia..

👬Dalam sebuah pergerakan islam, tentu kader dakwah sangat penting. Bagaimanapun dakwah tanpa kader bagaikan rumah tak berpenghuni. Tentunya sebagai kader dakwah kita pun harus senantiasa menyiapkan diri sekuat tenaga demi terwujudnya islam yang kokoh. Bicara tentang kata “hidayah” adalah sebuah keniscayaan dalam rangka menyeru kepada kebaikan. 

Ungkapan beberapa tokoh umat untuk menyemangati proses tarbiyah kita 

Imam Syafi'i mengingatkan: Siapa yang tidak belajar (ta'lim) pada masa mudanya maka takbirkanlah empat kali untuk kematiannya. Demi Allah Swt, yang namanya pemuda adalah yang berilmu dan bertaqwa. Jika tidak ada keduanya maka jangan anggap dia itu ada. 

Dalam risalah Hal Nahnu Qaumum 'Amaliyun Hasan Al-Banna mengatakan : Sesungguhnya tujuan pertama gerakan dakwah adalah mentarbiyah jiwa, memperbarui spirit, dan penguatan akhlak serta menumbuhkan peran pentingnya di tengah-tengah umat. Mereka meyakini bahwa itu adalah asas pertama yang harus dibangun untuk kebangkitan umat dan bangsa. 

🗣Sedangkan Yusuf Qardhawi mengungkapkan: Adapun tarbiyah adalah hal terpenting dan utama dalam gerakan dakwah, karena tarbiyah adalah asas perubahan, dan gelombang kebaikan serta perbaikan. Jika tida ada maka kehidupan yang islami atau merealisasikan undang-undang Islam hanyalah menjadi mimpi.   

🗣Musthofa Masyhur mengatakan: Pribadi muslim adalah pilar bagi keluarga, masyarakat, dan negaranya. Jika tarbiyahnya kuat maka kuat pula bangunannya tersebut. 

👆Semoga ungkapan para ulama tersebut menjadi spirit tersendiri bagi kita untuk mengoptimalkan tarbiyah setelah menyadari bahwa kita adalah aset utama gerakan (rashidul harakah). Menjadi jalan dakwah dan bersama-sama menikmati keindahan Hidayah Allah Swt bersama saudara-saudara semuslim di dunia tentunya sebuah kebahagian terbesar bagi kita semua. 

🤗Semoga kita senantiasa semangat dan istiqomah dalam jalan dakwah ini. Semoga Allah Swt senantiasa membimbing kita semua , Aamiin. Insya Allah

TANYA JAWAB THOLABUL 'ILMI AKHWAT T11
■□■□■□■□■□■□■□■

🔰 PERTANYAAN:

1⃣Assalamualaikum.Ustadzh cara nya membuka pintu hidayah dari allah bagaimana?jazakillahu khayran

2⃣Assalamu'alaykum wa rahmatullahi wabarakatuh ustadzah ingin bertanya bagaimana caranya menghadapi keluarga yang tidak menerima hijrah kita? Mksdnya cara berpakaian serba syar'i

3⃣assalamu'alaykum
mau menanyakan mengenai mngajak kbaikan, yang mngajak baru insaf haruskah melihat siapa orangnya?  Skalipun orang itu baru bertaubat?  Makasih

4⃣Apakah bacaan Istighfar dapat memperlancar rejeki ?

5⃣Ustadzh ada doa yg dituntunkn dalam alqur'an&sunnah  rasulullah tdk mengenai doa agar senantiasa di bimbing untuk dapatkan hidayah agar bisa diamalkan sehari hari? Beri lafadzh doany ustadzh.jazakillahu khayran

6⃣Assalamu'alaikum, bagaimana cara agar senantiasa Istiqomah dijalan Allah? Kadang iman suka naik turun.
Terima kasih

7⃣Bagaimana cara menghindari sifat pujian dari seseorang

8⃣Ustadz saya punya temen,Tapi kata temen saya "mama aku tuhh semenjak punya hp dia lupa sama kewajibannya, dan dia tuhh gx mau di atur, dia mau'a mengatur diri'a sendiri " itu gmn ustadz cara ngasih tau sama mama'a

9⃣Assalamu'alaikum nak tanya. Apakah membaca surat Al-Fatihah untuk kakek/ nenek yg dah tiada tu dibenarkan? Apa ada hadits yg memperkuat bahawa dizaman rasul pernah dibuat? Syukron ^^
1⃣0⃣pertanyaan titipan T1

Saya juga pernah denger, klo kita punya hajat tertentu. Kita dianjurkan untuk memperbnyak shalawat agar hajat kita lekas dikabul ? Ini bner gag mz ?

1⃣1⃣Titipan dari t5

assalamu'alaikum
hukum dakwah ini wajib, dan sudah menjadi rahasia umum paling sulit itu ketika kita berdakwah di lingkungan keluarga, ketika hidayah harus diraih dan kita tidak ingin tergolong kedalam golongan yang Allah kunci hatinya, bagaimana diri ini harus beristiqomah? Lalu adakah cara berdakwah untuk saudara muslim yang ahlul bid'ah?
Barakallahu fiik

🔰JAWABAN:

1⃣terus belajar sayang q...pahami dan perbaiki keIslamanmu...aplikasikan apa yg engkau pahami dwngan segenap kemampuanmu berkumpullah dg org sholih yang mensholihkan dan perkuat doa y

2⃣tampilkan akhlaqulkarimah dalam oroses hijrahmu tetap santun dan sampaikan yg benar dg cara yg ahsan...dan bisa juga melubatkan org lain ajak keluarga dalam kajian2 atau prdengarkan tausiyah2 ttg hijab dlsb

3⃣setiap org punya kebaikan yg menjadi modal utk mengajak kpd kebaikan, undzur ma qola wala tandzur man qola
kaidahnya lihatlah apa yg disampaikan dan jangan lihat siapa yg menyampaikan karena manusia t4nya salah....

      🔰We Are Tholabul'ilmi🔰

🔰🔰🔰
- Facebook : Tholabul'ilmi Group
- Instagram : Tholabulilmi_ig
- www.tholabulilmi.org
- Fp Tholabul'ilmi Fanpage
- tumblr tholabulilmiwa
- Telegram @kajiantholabulilmi

▶▶▶
Gabung Yuk
Caranya Ketik :
👉 Nama#L/P#Domisili#no.WA
Kirim ke :

[WhatsApp]
@dmin TI
081355111241
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

TA'ARUF

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2