Jadikan Puasamu Berkualitas

💟REKAP KAJIAN ONLINE JOSH💟
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

NARASUMBER : Ustadzah Nurul Hairunnisa Achmad
💟GROUP : JOSH AKHWAT 4
HARI/TGL : Rabu, 09 Mei 2018
TEMA : Jadikan Puasamu Berkualitas
NOTULEN : Ukhty Elma
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

💟 💟 💟 💟 💟 💟 💟

Bismillahirrahmanirrahim...

🎁Sesungguhnya puasa yang disyaritakan bukan sekedar menahan diri dari makan dan minum,namun hakikatnya puasa adalah puasa yang meliputi dua dimensi sekaligus, yakni secara lahir maupun batin sebagaimana yang dijelaskan para ulama ahlussuannah waljama’ah rahimahumullah. Ibnu Qudamah rahimahullah dalam karyanya Mukhtasar Munhajil Qashidin menjelaskan tentang tingkatan puasa :

🎁Puasa memiliki tiga tingkatan :

1. Puasa orang2 umum

2. Puasa orang2 khusus

3. Puasa orang2 super khusus

🎁Beliau pun menjelasakan satu persatu bagaimana tingkatan puasa tersebut...

1⃣Puasa orang-orang umum

Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan “adapun puasa umum adalah menahan perut dan kemaluan dari menuruti selera syahwat (menahan diri dari melakukan pembatal puasa seperti makan, minum, berjima’).” Puasa tingkatan umum ini hampir setiap muslim yang menjalankan puasa menghindari pembatal2 puasa ini untuk menjaga puasanya.

2⃣ Puasa orang khusus(VIP)

Ibnu Qudamah rahimahullah menlanjutkan penjelasannya,”puasa khusus adalah puasanya prang-orang yang menahan pandangan, menahan lisannya, kaki, pendengaran, penglihatan dan seluruh anggota tubuh dari dosa-dosa”. Puasa jenis khusus ini diambil dari dalil-dalil yang menunjukkan bahwa hakikat disyariatkannya puasa itu untuk sebuah hikmah meraih derajat ketakwaan dan takut kepada Allah, sehingga dengannya orang yang berpuasa bersih jiwanya dari seluruh kemaksiatan dan menjadi orang yang diridhai oleh-Nya.

🎁Diantara dalil yang menunjukkan hal ini adalah firman Allah Ta’ala : “hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa Ramdhan sebagiamana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa (QS.Al Baqarah ayat 183)

🎁Nah smpai d sini,,, mungkin kebanyakn kita baru bisa smpai d tingakatan 1⃣ atw 2⃣ sja...
Jika sudah mncapai tingkatan ke 2⃣ aja,, ini sudah hebat.. maa syaa Allah.

❓❔Lantas bagaimana puasa yg lebih dari itu?❓❔

🎁Iyah,,, yang 2⃣ aja kita mungkin sulit untk memaksimalkan..
Wa laa hawla wa laa quwwata illa billah..
Semangat 💪🏻💪🏻

⭕Masih lanjutan point ke 2⃣

🎁Maka puasa ini sering disebutnya dengan puasa para Shalihin (orang-orang saleh). Menurut Al- Ghazali, seseorang tidak akan mencapai kesempurnaan dalam tinkatan puasa kedua ini kecuali harus melewati enam hal sebagai prasayaratnya, yaitu menahan pandangan dari segala hal yang dicela dan dimakruhkan. Menjaga lidah dari perkataan yang sia-sia, berdusta, mengumpat, berkata keji, dan mengharuskan berdiam diri. Menggunakan waktu untuk berzikir kepada Allah serta membaca Al-Quran. Menjaga pendengaran dari mendengar kata-kata yang tidak baik. Mencegah anggota tubuh yang lain dari perbuatan dosa. Tidak berlebih-lebihan dalam berbuka, sampai perutnya penuh makanan. Hatinya senantiasa diliputi rasa cemas (khauf) dan harap (raja) karena tidak diketahui apakah puasanya diterima atau tidak oleh Allah.

3⃣Puasa super Khusus (VVIP)

Adapun puasa super  khusus adalah puasanya hati dari selera yang rendah dan pikiran yang menjauhkan hatinya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala serta menahan hati dari berpaling kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala secara totalitas.

🎁Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : ingatlah bahwa didalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula selurih jasadnya. Jika ia rusak, makarusak pula seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (Qalbu). [HR Bukhari dan Muslim]💙💚❤️💛💜

🎁Hati adalah asas baiknya anggota tubuh yang lainnya, si adehingga ketakwaan yang asasi adalah ketaqwaan hati. Maka jika hikmah di syariatkan puasa itu adalah untuk meraih ketaqwaan, maka hakikatnya yang pertama kali tercakup adalah ketaqwaan yang paling mendasar dan paling agung adalah ketaqwaan hati.

🎁Puasa khusus yang lebih khusus lagi yaitu, di samping hal di atas adalah puasa hati dari segala keinginan hina dan segala pikiran duniawi, serta mencegah memikirkan apa-apa selain Allah Swt (shaum al-Qalbi ‘an al-Himam ad-Duniyati wa al-Ifkaar al-Dannyuwiyati wakaffahu ‘ammaa siwa Allaah bi al-Kulliyati). Menurut Al-Ghazali, tingkatan puasa yang ketiga ini adalah tingkatan puasanya para nabi , Shiddiqqiin, dan Muqarrabin

💜💛Maa syaa Allah💚💙

📣 Adab puasa VIP

🎁Sesungguhnya bagi setiap ibadah terdapat hukum dan adab yang perlu diperhatikan oleh setiap hamba yang menunaikannya. Terlebih lagi jika ibadah tersebut adalah ibadah yang agung dan khusus seprti ibadah puasa di bulan Ramadhan.

🎁Ibnu Qudamah rahimahullah dalam kitabnya mengatakan : ketahuilah, bahwa puasa memiliki kekhususan yang tidak terdapat dalam ibadah lainnya. Yakni keutamaan puasa yang langsung dari Allah lah balasannya sebagaimana dalil : “puasa adalah untukKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya”

 
🎁Sesungguhnya keutamaan puasa dikarenakan dua faktor, yaitu :

✅. Puasa adalah ibadah yang dilakukan secara rahasia dan amal batin dan amal tersebut makhluk tidak mengetahuinya.

✅. Puasa itu mampu menaklukkan musuh Allah (syaithan) karena pintu masuknya musuh  (menyimpangkan manusia dari kebenaran) adalah syahwat, sedangkan syahwat akan menguat dengan makan dan minum. Puasa menahan makan dan minum sehingga mempersempit lahan musuh Allah untuk menyimpangkan manusia.

🎁Tentunya suatu ibadah yang memiliki keistimewaan seperti itu sangat perlu untuk kita perhatikan adab-adabnya, agar puasa yang kita amalkan memiliki kualitas yang baik, bukan sekedar menahan lapar dan haus semata, tetapi lebih jauh lagi agar diri ini mampu meraih ketaqwaan diri dan hati.

📣Diantara adab puasa khusus yaitu :

🌸. menundukkan pandangan, menjaga lisan dari ucapan yang haram dan menyakiti orang lain, juga menahan lisan dari sesuatu yang makruh atw ucapan yang tidak berfaedah, serta menjaga anggota tubuh lainnya dari melakukan perbuatan haram maupun makruh.

🎁Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: barang siapa yang tidak menjaga ucapan dan perbuatannya dari perbuatan haram, maka Allah tidak membutuhkan aktifitas meninggalkan makan dan minum yang ia lakukan.

🌻 Adab yang lain adalah perut tidak dipenuhi dengan makanan (sangat kenyang) pada malam hari, tetapi yang baik adalah makan secukupnya. Karena sesungguhnya, tidaklah manusia memenuhi wadah yang paling buruk daripada perutny. Karean seseorang yang kekenyangan dimalam hari kemungkinaia akan sulit memaksimalkan ibadah2 yang istimewa di malam hari. Kebanyakan makan dapat menyebabkan kemalasan dan kelemahan semangat.

🌹. Adab-adab yang wajib bagi orang yang berpuasa yakni ia harus bertauhid dan menjaga tauhid nya, memenuhi rukun wajib berpuasa, menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa bagi seluruh anggota tubunhnya.

🌷. Adab-adab tambahan (yang sunnah) bagi orang yang berpuasa adalah sebagai bentuk adab untuk menyempurnakan pahala puasanya. Adab ini hukumnya tidak sampai wajib, namun penting untuk dilakukan diantaranya makan sahur, menyegerakan berbuka, shalat tarawih dan shalat lail (tahajjud dan witir), dzikir, sedekah, dan sebagainya.

🎁Ketahuilah bahwa memperbanyak ketaatan kepada Allah saat puasa di bulan Ramadhan sangat dianjurkan, terlebih lagi membaca Al Quran, karena bulan ramadhan adalah bulan Al Quran,bulan kebaikan dan bulan penuh keberkahan.

🎁Sebagai penutup mari kita simak hadist berikut : Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu alaihiwasallam adalah orang yang paling dermawan dalam melakukan kebaikan. Dan beliau paling dermawan di bulan ramadhan, sungguh beliau lebih dermawan melakukan kebaikan dari pada angin yang bertiup (HR.Bukhari Muslim)

🎁Semoga hadist ini menjadi motivasi buat kita untuk berlomba2 dalm kebaikan dan beramal shalih di bulan ramadhan..

🎁Semoga kita semua menjadi Finalis - finalis Ramadhan dan keluar dari ramadhan dgn mndapatkan Ampunan dan menjadi hamba yang lebih bertaqwa...
Aamiin

💟 💟 💟 💟 💟 💟 💟
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Website :

Website Tholabul'ilmi: tholabulilmiindonesia.blogspot.com
Website Josh:
JOSHindonesia.blogspot.com
Website Laskar Subuh:
Laskarsubuhindonesia.blogspot.com
Telegram :
t.me/tholabulilmiWA
facebook FP :
m.facebook.com/TholabulilmiWhatsApp
facebook Group :
m.facebook.com/profile.php?id=183387271707797

Follow IG Tholabul'ilmi WA :
https://www.instagram.com/p/BfweMAflyYR/
▶ Gabung Komunitas Tholabul'ilmi :
Ketik : GabungTI#Nama#Domisili#Status#L/P
Kirim ke:
~ Ukh Petty nusaybah:
+6285266812579
~ Ukh Elma Daniyyah:
+6285778616216
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
💟JOMBLO SAMPAI HALAL💟

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN JIN ASYIQ DAN PENYEBABNYA

TA'ARUF

Praktek Kerja Lapangan (PKL) - bagian 2